29.1 C
Bontang
Minggu, Februari 5, 2023
spot_img

Arus Balik Bontang, 957 Penumpang Turun di Pelabuhan Lok Tuan

KAREBAKALTIM.com – Arus balik pasca libur Hari Raya Idulfitri 1443 Hijriah menunjukkan lonjakan tepatnya H+6 lebaran, Minggu, 8 Mei 2022 siang.

Dari pantauan reporter Karebakaltim.com di Pelabuhan Lok Tuan, Kecamatan Bontang Utara, nampak pemudik memadati pelabuhan.

Kepala PT Pelni Cabang Samarinda, Syarif Hidayat mengatakan, jumlah yang diangkut KM Binaiya dalam arus balik ini mencapai 957 orang.

Di antaranya 218 penumpang dari Bima, Labuan Bajo, Makassar serta 739 penumpang dari Pelabuhan Awerange, Kabupaten Barru.

“Apalagi ini perdana KM Binaiya berlayar ke Bontang lagi setelah lebaran,” ujarnya.

Pria yang akrab disapa Ujang ini memastikan, penumpang yang dimuat kapal milik Pelni tersebut sesuai aturan pemerintah. Dengan kebijakan boleh mengangkut kapasitas 100 persen.

Sesuai perkiraan, arus mudik pasca lebaran menuju Bontang ramai tampak di Pelabuhan Lok Tuan, Minggu (8/5/2022). (Foto: Mirah)

Sementara itu, penumpang yang akan berangkat menuju Pelabuhan Awerange sebanyak 1.006 jiwa. Terdiri dari 970 orang dewasa dan 36 bayi/ balita. Kendati tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Vaksin pertama wajib PCR, kedua antigen, vaksin ketiga sudah dibebaskan. Begitupun usia 6 tahun ke bawah,” tuturnya.

Salah satu penumpang KM Binaiya, Hartati, mengaku baru kembali melakukan perjalanan mudik setelah tiga tahun. Disebutkan, penumpang kapal sangat banyak dalam perjalanan kali ini.

“Saya balik ke Makassar, Mbak. Tiga tahun lalu persyaratannya berat karena ada Covid-19,” sebut warga Gunung Sari ini. (*)

Reporter : Mirah Hayati
Editor : Qadlie Fachruddin

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,698PengikutMengikuti
20,500PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles