1.492 Hewan Kurban di Bontang Dinyatakan Sehat

KAREBAKALTIM.com – Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKP3) Kota Bontang, terus melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap hewan kurban hingga sebelum hari raya idul adha nanti.

Tercatat per tanggal 30 Juni lalu, DKP3 telah memeriksa sebanyak 1.492 ekor sapi dan 138 ekor kambing yang ada di Bontang.

Dipastikan, semua hewan kurban yang diperiksaan ini telah dinyatakan sehat dan aman untuk disembeli saat hari raya idul adha nanti

“Kalau kerbau sebanyak 9 ekor juga kita ada periksa. Semua kita pastikan aman,” ungkap Kasi Pelayanan Kesehatan Hewan DKP3 Bontang, drh Riyono.

Dari hasil pemeriksaan, DKP3 tidak menemukan satupun indikasi gejala PMK melainkan hanya penyakit ringan.

drh Riyono juga menyebutkan, semua hewan yang dinyatakan sehat langsung mendapat sertifikasi karantita serta surat sehat yang ditandai stempel SHT.

“Jadi kalau mau beli hewan kurban, pembeli minta dulu sertifikat karantina hewan. Setelah itu liat surat sehatnya, untuk memastikan hewan layak atau tidak,” bebernya.

Diakhir, drh Riyono menegaskan jika pihaknya masih akan terus masif melakukan pengawasan dan pemeriksaan kesehatan hewan kurban hingga hari raya idul adha nanti.

Upaya itu dilakukan untuk memastikan semua hewan kurban yang tiba di Bontang tetap aman dari wabah PMK.

“Meski ada sertifikat karantinanya, tetap semua harus kita priksa. Kita akan kerahkan 30 petugas untuk berkeliling melakukan pemeriksaan, baik di RPH maupun disemua pedagang hewan kurban,” terang drh Riyono. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini