29.1 C
Bontang
Minggu, Februari 5, 2023
spot_img

P2L Dasawisma Kampis Hilir Sukses Panen Kangkung Perdana

KAREBAKALTIM.com – Kelompok Pekarangan Pangan Lestari (P2L) Dasawisma Kampis Hilir, Kelurahan Gunung Telihan, Bontang Barat, melakukan panen perdana hasil pertaniannya, Rabu (6/7/2022) kemarin.

P2L Dasawisma Kampis Hilir yang merupakan kelompok binaan Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan dan Pertanian (DKP3) Bontang ini sukses memproduksi beragam tanaman sayur-mayur dengan memanfaatkan pekarangan rumah, maupun pemukiman warga setempat.

Ketua Dasawisma Kampis Hilir, Naomi mengungkapkan, kelompoknya merupakan ibu-ibu di lingkungan RT 19 Kelurahan Gunung Telihan. Selain ibu-ibu, pedagang dan petani juga turut bergabung sehingga paling tidak anggota yang terdata sebanyak 32 anggota.

“Untuk panen ini kami produksi sayur mayur, seperti kangkung demplot. Alhamdulillah hasilnya cukup memuaskan meski baru pertama,” ungkap Naomi.

Ia menambahkan, program P2L Kampis Hilir juga dinilai membantu pendapatan rumah tangga serta mendukung upaya peningkatan ketahanan pangan di Bontang.

Pada kesempatan itu, hadir pula Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bontang, Aji Erlynawati menyaksikan panen perdana tersebut. Ia menyebutkan, program P2L Dasaswisma ini bertujuan untuk meningkatkan ketersediaan, aksesibilitas dan pemanfaatan pangan dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan rumah tangga.

“Kegiatan ini dilakukan melalui pemanfaatan lahan pekarangan, lahan tidur dan lahan kosong yang tidak produktif,” ucapnya.

Ia mengajak seluruh elemen masyarakat maupun stakeholder terkait agar berperan aktif mewujudkan penganekaragaman konsumsi pangan melalui produksi lokal. Dengan konsumsi pangan yang beragam, bergizi, seimbang dan aman sesuai kearifan lokal diharapkan mampu mendorong ekonomi dan kemajuan SDM Kota Bontang. (*)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,698PengikutMengikuti
20,500PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles