Virus ASF Merebak, DKP3 Bontang Imbau Peternak Babi Waspada

KAREBAKALTIM.com – Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3) Bontang gencar berikan imbauan kepada peternak babi tentang bahaya African Swine Fever (ASF). ASF merupakan penyakit yang diakibatkan virus dan sangat menularpada babi.

“Kita rutin lakukan pemeriksaan dan memberikan sosialisasikan kepada para peternak,” ujarnya kepada Karebakaltim.com saat ditemui belum lama ini.

Pihaknya pun kian mewanti-wanti penyakit mematikan tersebut agar tidak masuk ke Kota Bontang. Pasalnya, beberapa wilayah di Kalimantan Timur terkonfirmasi telah terjangkit. Diantaranya yakni Berau, dan Kutai Timur. Meski tidak menular kepada manusia, namun penyakit tersebut dapat menimbulkan dampak kerugian ekonomi bagi peternak.

Karena sekali menular bisa habis babi-babi di Kota Bontang,” ujarnya.

Selain memberikan sosialisasi, salah satu upaya yang dilakukan untuk mencegah penyakit ASF masuk di Kota Bontang yakni dengan menghindari mendatangkan ternak dari daerah terjangkit. Agar tidak menularkan ternak yang ada disini.

Kendati saat ini Kota Bontang belum terdapat kasus tersebut, namun ia meminta para peternak untuk terus meningkatkan kewaspadaan terhadap penyakit menular itu.

“Karena lebih baik mencegah ketimbang mengobati,” tukasnya. (*)

Reporter : Tomy Gutama

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini