28.4 C
Bontang
Minggu, Februari 5, 2023
spot_img

Usulan Musrenbang RKPD Bontang 2023 Menyusut, Perkimtan Garap 83 Program

KAREBAKALTIM.com – Jumlah usulan di Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kegiatan Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Bontang tahun 2023 menurun ketimbang tahun lalu.

Jumlah rekapitulasi usulan di musrenbang kali ini sebanyak 119 kegiatan. Terdiri dari 37 usulan untuk wilayah Kecamatan Bontang Utara, Bontang Selatan sebanyak 42 usulan, Bontang Barat sebanyak 22 usulan dan usulan skala kota sebanyak 19 usulan. Sementara, jumlah usulan pada Musrenbang RKPD Bontang tahun 2022 ada sebanyak 293 usulan.

Adapun rincian kegiatan yakni di Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (Perkimtan) terdapat 83 kegiatan, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) sebanyak 27 kegiatan, Kecamatan Bontang Selatan ada 5 kegiatan, Kecamatan Bontang Utara ada 1 kegiatan, Kecamatan Bontang Barat ada 1 kegiatan dan Dinas Perhubungan (Dishub) sebanyak 1 kegiatan.

Kepala Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan (Bapelitbang) Bontang Amiruddin tidak menampik bahwa jumlah usulan di musrenbang tahun ini memang menyusut ketimbang sebelumnya.

Ia menjelaskan, jumlah tersebut berkurang lantaran pihaknya membatasi pagu dana yang bisa dilakukan di masing-masing kecamatan di Bontang. Dengan rumusan di tiap kelurahan dianggarkan sebanyak Rp1 miliar.

“Karena kita mengevaluasi di musrenbang sebelumnya, ada sangat banyak usulan yang masuk sementara yang terakomodir kan tidak terlalu banyak. Karena memang keterbatasan anggaran,” paparnya.

Dengan begitu, kata dia, diharapkan apa yang diusulkan dalam musrenbang tersebut merupakan usulan yang sangat prioritas. Dengan cara itu pula menurutnya, usulan-usulan itu dapat terakomodir dengan baik.

“Sehingga apa yang kita usulkan mendapatkan kepastian. Minimal di atas 50 persen usulan tersebut dapat terakomodir,” paparnya.

Wali Kota Bontang Basri Rase menekankanprioritas pembangunan tahun 2023 pada penataan infrastruktur dan sarana pelayanan publik. Untuk mewujudkan visi, misi, tujuan dan sasaran pembangunan yang telah ditetapkan.

“Namun hal tersebut membutuhkan komitmen dan dukungan dari semua pihak,” ungkapnya. (*)

Reporter: Tomy Gutama
Editor: Qadlie Fachruddin

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,698PengikutMengikuti
20,500PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles