25.4 C
Bontang
Minggu, November 28, 2021
spot_img

Telur Penyu Sisik Menetas di Beras Basah, Dispopar Rilis dan Jaga Ratusan Tukik

KAREBAKALTIM.com – Ratusan telur penyu yang sudah menetas menjadi tukik (anak penyu) ditemukan di sekitar perairan Bontang, tepatnya di Pulau Beras Basah pada Rabu (16/6/2021).

Saat dikonfirmasi, Kepala Bidang (Kabid) Pariwisata Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Dispopar) Bontang, Ramli membenarkan adanya penemuan penyu berjenis Penyu Sisik tersebut.

Kata dia, tukik-tukik ini pertama kali ditemukan petugas pengawas objek wisata yang berada di tengah laut ini. Mendapat laporan, pihaknya bersama Sekertaris Daerah (Sekda) Bontang serta pihak terkait lainnya langsung mendatangi lokasi.

“Kita langsung turun mengecek waktu itu juga dan benar ada banyak anak penyu di sana,” ujarnya.

Lanjutnya, sebagai simbolis pihaknya melepas 4 hingga 5 tukik yang sudah terbilang langka dan telah ditetapkan oleh Badan Konservasi Dunia (IUCN) masuk dalam kategori satwa sangat terancam punah tersebut kembali ke laut.

Ia menyebutkan untuk anak penyu lainnya belum dibebaskan, mengingat usianya yang masih terlalu rentan yakni dua hari dengan panjang 10 centimeter (cm).

“Belum kita lepas yang lainnya, karena pertimbangan usia tukik,” ucapnya.

Selain itu, sebagai tindak lanjut, ia sudah berkoordinasi dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) dan menunggu keputusan instansi tersebut.

Dengan adanya penyu langka itu di perairan Kota Bontang, maka kota yang dikelilingi lautan ini masih sangat terjaga kelestarian alamnya.

Sebagai informasi, semua jenis penyu dilindungi berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) nomor 7 tahun 1999 tentang Pengawetan Jenis Tumbuhan dan Satwa. Perdagangan penyu baik hidup, mati maupun bagian tubuhnya dilarang.

Kemudian menurut Undang-undang (UU) nomor 5 tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya pelaku perdagangan (penjual, pembeli) satwa dilindungi bisa dikenakan hukuman penjara 5 tahun hingga 10 tahun. (*)

Reporter : Mirah Hayati

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

22,044FansSuka
3,032PengikutMengikuti
18,800PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles