Sebanyak 800 Nakes Bontang Terima Vaksin

KAREBAKALTIM.com – Kalimantan Timur (Kaltim) masuk salah satu penerima vaksin Covid-19 produksi Sinovac dari Tiongkok sebanyak 25.520 dosis pada Selasa (5/1/2021) pagi sekitar pukul 08.10 Wita.

Pendistribusian vaksin tersebut akan dilakukan ke 10 Kabupaten/kota yang berada di Kaltim, salah satunya Bontang.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Bontang, Bahauddin mengatakan, vaksin ini sudah berada di provinsi. Nantinya akan diberikan kepada Tenaga Kesehatan (Nakes).

“Pada tahap pertama yang menjadi prioritas utama diberikannya vaksin tersebut adalah nakes sebagai garda depan di Kota Bontang,” ungkapnya saat dikonfirmasi, Selasa (5/1/2020).

Dia menjelaskan, nakes diberikan suntikan dua vaksin, karena mereka rentan terpapar akan virus tersebut.

“Seperti itu perintahnya dan untuk meyakinkan masyarakat bahwa vaksin aman digunakan,” ujarnya.

Nakes yang akan diberikan vaksin sebanyak 800 orang, dari data keseluruhan sekitar 1.167 dan untuk melaksanakan vaksinasi tersebut menunggu izin edar darurat vaksin terbit.

“Dapat dilaksanakan ketika mendapatkan izin penggunaan emergency use authorization dari Badan POM,” katanya.

Penjelasan ini tertuang dalam Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 99 Tahun 2020, tentang Pengadaan dan Pelaksanaan Vaksinasi dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Covid-19.

BPOM masih dalam tahap menyelesaikan analisis terkait data uji klinis fase 3 vaksin Sinovac. Proses ini memerlukan waktu untuk menerbitkan izin edar darurat.

“Vaksin Covid-19 ini ditahap selanjutnya akan diberikan kepada TNI maupun Polri, karena sangat terbatas,” pungkasnya. (*)

 

 

Reporter : Mirah Hayati
Editor : Siti Nurkhasanah

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini