Ruang Isolasi RSUD Penuh, Masyarakat Diharapkan Patuhi Prokes Covid-19

KAREBAKALTIM.com – Meningkatnya angka kasus pasien positif Covid-19 di Kota Bontang, membuat Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Bontang harus menambah ruangan isolasi kembali.

Wakil Direktur Pelayanan Medik RSUD Bontang, Drg. Toetoek Pribadi Ekowati menerangkan, kapasitas semua ruangan sudah penuh. Sementara satu ruangan lainnya masih dalam perbaikan, sehingga penambahan tersebut dilakukan di Ruang Cempaka yang berada di lantai 4.

“Ruangan isolasinya hanya dapat menampung 16 dan yang terpakai 15, jadi kita membuka ruangan cempaka sebagai ruangan covid yang dapat menampung 10 pasien,” ungkapnya saat dimintai keterangan, Rabu (6/1/2021).

Kata dia, ruangan tersebut sudah diatur sesuai prosedur yang ada, untuk mengurangi resiko penularan virus tak kasat mata ini.

“Kemarin sudah disetting ruangannya agar pasien yang lain tidak terpengaruh,” sambungnya.

Toetoek juga mengatakan, penting bagi masyarakat untuk menekan angka infeksi dengan mematuhi protokol kesehatan.

“Menekan angka infeksi di luar dengan cara, rajjn cuci tangan, pakai masker dan tidak berkumpul. Selain itu, tidak berpergian keluar kota atau daerah yang berada dalam zona merah jika tidak penting,” katanya.

“Berapa pun rumah sakit membuka ruangan untuk menampung pasien covid tidak akan mampu, selama tidak berusaha menekan jumlah infeksi pasien dimasyarakat di luaran,” ujarnya.

Dia pun berharap agar masyarakat memiliki tingkat kesadaran tinggi agar virus ini cepat selesai, dikarenakan tenaga kesehatan merupakan garda terdepan yang selalu bekerja secara intens menangani pandemi ini.

“Jadi bagaimana harus memikirkan keselamatan, kesehatan mereka dan kejenuhan stres mental sehingga bisa menurunkan daya tahan tubuh,” pungkasnya. (*)

 

 

Reporter : Mirah Hayati
Editor : Siti Nurkhasanah

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini