23.6 C
Bontang
Sabtu, Januari 22, 2022
spot_img

Retribusi Pelayanan Pelabuhan Bontang Lampaui Target

KAREBAKALTIM.com – Virus Covid-19 yang melanda Kota Bontang dari tahun 2020, tidak menghalangi retribusi pelayanan di pelabuhan Bontang yang mencapai hampir seribu persen.

Walaupun kapal penumpang yang tutup bulan Maret 2020 lalu dan berhentinya kegiatan namun tidak mempengaruhi penghasilan dari retribusi tersebut, karena hasil dari mobilisasi itu tidak terlalu banyak.

Kepala Seksi (Kasi) Angkutan Pelabuhan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bontang, Welly Sakius Suwignyo menjelaskan, target retribusi pada 2020 hanya Rp45 juta, sedangkan realisasinya sekitar Rp434 juta saja.

“Retribusi kita meningkat dari situ dan saya sangat bersemangat apalagi sudah menjadi pelabuhan umum,” jelasnya, Rabu (3/1/2021).

Mobilisasi angkutan cargo yang masih beroperasi di pelabuhan Lok Tuan sampai sekarang menjadi penunjang naiknya hasil retribusi dan juga kapal yang dulunya masuk ke Pelabuhan Tosina ditarik untuk masuk ke Pelabuhan tersebut.

Di tahun 2020 perusahaan seperti City Mall, GPK, PT EUP dan yang lain-lain melakukan mobilisasi di pelabuhan Lok Tuan.

“Pendapatannya lebih besar kalau kapal cargo berbendera asing karena dollar,” ungkapnya.

Sementara itu, jika angkutan cargo yang tidak melalui pelabuhan umum Lok Tuan maka pihaknya akan menindak tegas.

“Soalnya kalau kita tidak tegas maka hasil dari retribusi tidak tercapai, jikalau ada yang tidak lewati pelabuhan umum, saya akan kejar orangnya,” pungkasnya. (*)

Reporter : Mirah Hayati
Editor : Siti Nurkhasanah

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

22,846FansSuka
3,129PengikutMengikuti
19,100PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles