Ratusan Aliansi Mahasiswa dan Pelajar Kota Bontang Turun Aksi Peringati 23 Tahun Reformasi

KAREBAKALTIM.com – Peringati 23 tahun peristiwa reformasi, ratusan pemuda yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Pelajar Bontang lakukan aksi di simpang Ramayana Jalan MH Thamrin, Kelurahan Bontang Baru Kamis (20/5/2021) malam.

Aksi diwarnai dengan menyalakan ratusan lilin sebagai bentuk solidaritas terhadap pahlawan yang gugur di masa lampau. Untuk mereka yang meperjuangankan reformasi hingga akhirnya berhasil meruntuhkan Rezim Soeharto.

Selain itu, aksi juga diisi dengan orasi politik dari berbagai organisasi yang terhimpun. Teriakan-teriakan orator terdengar lantang, pekikan Hidup Mahasiswa, Hidup Rakyat terus disuarakan membakar semangat peserta aksi yang hadir malam ini.

Koordinator aksi, Nurul mengatakan kegiatan ini merupakan aksi damai dari teman-teman mahasiswa dan palajar se-Kota Bontang. Dengan menggelar panggung rakyat yang diisi dengan orasi politik, menyalakan lilin, pembacaan puisi dan akustik.

Hari ini kami berkumpul disini dalam rangka memperingati sejarah lahirnya reformasi di Indonesia. Dimana saat itu setelah berkuasa selama lebih dari 30 tahun, Soeharto akhirnya menyatakan mundur dari jabatan presiden Indonesia. Setelah didesak oleh gerakan reformasi yang dimotori mahasiswa kala itu.

“Saat ini sudah 23 tahun reformasi berjalan namun dengan tegas mahasiswa masih menggugat negara untuk segera menuntaskan kasus pelanggaran HAM yang terjadi di masa lampau,” ujarnya.

Salah satu orator Sadly Jaya juga menambahkan bahwa teman-teman juga menagih janji Pemerintah Indonesia untuk menuntaskan kasus pelanggaran HAM di masa lalu. Ia meminta Presiden Jokowi untuk menuntaskan luka pelanggaran HAM yang hingga saat ini masih menjadi kemunafikan luar biasa.

“Dari 2014 janji politiknya menyelesaikan kasus HAM tapi sampai saat ini tidak ada tindak lanjut, bahkan negara saat ini masih menjadikan rakyat sebagai korban kemunafikan negara,” ungkap Sadly dalam orasinya.

Hingga akhir kegiatan, aksi berlangsung dengan damai. Ratusan peserta aksi pun membubarkan diri dengan tertib. Diikuti dengan personil kepolisian yang turut mengamankan jalannya gerakan tersebut. (*)

Reporter : Tomy Gutama
Editor : Risman

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini