Rantang Kasih Berjalan, 88 Lansia Bontang Diberi Makan 2 Kali Sehari

Launching program Rantang Kasih oleh Pemkot Bontang dilakukan hari ini, Selas (1/3). (KAREBA/Tomy)

KAREBAKALTIM.com – Setelah sempat tertunda, program Pemkot Bontang berjudul Rantang Kasih resmi diluncurkan pada Selasa, 1 Maret 2022.

Rantang Kasih adalah program pemberian bantuan sosial pemberian makan siap santap bagi lanjut usia miskin dan terlantar yang ada di Bontang. Adapun penerima bantuan tersebut merupakan lansia yang tidak terdaftar sebagai penerima bantuan lain, baik dari pemkot maupun pemerintah pusat.

Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat (Dinsos-PM) Bakhtiar Mabe mengatakan ada sebanyak 88 lansia penerima bantuan program ini. Puluhan lansia itu tersebar di 11 kelurahan dan tiga kecamatan yang ada di Kota Bontang.

“Bontang Utara sebanyak 28 orang, Bontang Selatan 32 orang, dan Bontang Barat 28 orang,” ujarnya.

Program yang menjadi janji politik dalam kampanye Basri Rase dan Najirah yang lalu ini akan berjalan selama satu tahun ke depan. Secara teknis, pengantaran makanan dilakukan sebanyak dua kali dalam sehari.Yakni makan siang dan makan malam.

“Distribusi makanan kita lakukan dua kali sehari, siang jam 10.00 Wita, dan malam jam 17.00 Wita. Kita juga pastikan makanan tersebut memenuhi jumlah gizi yang telah ditentukan. Serta sesuai dengan kebutuhan dan pantangan masing-masing lansia,” ungkapnya.

Guna memastikan program Rantang Kasih berjalan dengan baik, pihaknya akan terus melakukan monitoring setiap harinya. Apakah ada penerima bantuan yang pindah, maupun menyesuaikan kebutuhan gizi para lansia.

“Karena masing-masing lansia ini kan kebutuhannya berbeda-beda, ada yang memiliki tekanan tinggi dan semacamnya,” pungkasnya. (*)

Reporter : Tomy Gutama
Editor : Qadlie Fachruddin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini