Permintaan Warga Tinggi, Stok Darah di PMI Bontang Memadai

Kantor PMI Bontang yang berada di Jalan Sawi, Kelurahan Gunung Elai, Bontang Selatan.

KAREBAKALTIM.com – Stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bontang terbilang memadai. Meski permintaan darah saat ini cukup tinggi, namun persediaan segala jenis golongan darah tersedia.

Per Kamis, 17 Februari 2021, PMI Kota Bontang memiliki persediaan 41 kantong darah. Dengan rincian golongan darah A 15 kantong, golongan darah B 16 kantong, golongan darah O 6 kantong dan AB tersisa 4 kantong.

Humas PMI Kota Bontang Ashar menjelaskan, per Februari 2022, stok darah yang dimiliki jajarannya tidak pernah kosong meski permintaan cukup tinggi. Hal itu disebabkan jumlah pendonor sukarela dinilai cukup banyak.

“Pendonor sukarela ini yang rutin mendonorkan darahnya, jadi semisal stok darah di PMI menipis kita biasa mengubungi mereka,” ungkapnya, Kamis 17 Februari 2022.

Adapun untuk permintaan darah sejauh ini banyak diminta untuk pasien penderita demam berdarah di rumah sakit.

“Karena memang lagi musim pancaroba jadi angka demam berdarah saat ini cukup tinggi,” ujarnya.

Meski persediaan darah di PMI Kota Bontang saat ini cukup tersedia, pihaknya masih akan menginformasikan kebutuhan darah segar kepada masyarakat jika ada permintaan yang masuk. Karena memang saat itu darah yang dibutuhkan merupakan darah segar atau darah trombosit bukan darah stok.

“Jadi misalkan ada pemberitahuan permintaan darah bukan berarti stok yang ada di kami kosong. Melainkan kebutuhan darahnya memang darah segar,” pungkasnya. (*)

Reporter: Tomy Gutama
Editor: Qadlie Fachruddin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini