25.4 C
Bontang
Minggu, November 28, 2021
spot_img

Pemprov Kaltim Berencana Menetapkan Perairan Bontang Sebagai Kawasan Konservasi, Agus Haris Harap Nelayan Dapat Kompensasi

KAREBAKALTIM.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Timur, mencanangkan wilayah perairan Kota Bontang sebagai Kawasan Konservasi untuk menjaga keberlangsungan ekosistem biota laut.

Menyikapi hal tersebut, Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bontang, Agus Haris mengungkapkan, kawasan perairan merupakan sumber penghasilan bagi masyarakat yang beraktivitas sebagai nelayan. Apabila itu dilakukan maka pemerintah harus menyiapkan segala bentuk kompensasi.

“Semestinya sebelum itu dilakukan, seharusnya pemerintah sudah mempersiapkan solusi untuk semua itu,” ujarnya kepada awak media, Sabtu (6/11/2021).

Kota Bontang sebagai kawasan yang dikelilingi laut dan pesisir pantai, secara otomatis berkembang pula masyarakat yang berprofesi sebagai nelayan, baik dari penangkapan ikan, budidaya maupun pengolahan hasil.

Karena itu, sebaiknya pemerintah tidak serta merta langsung menetapkan laut ini sebagai kawasan konservasi begitu saja, tampa memikirkan dampak yang akan di alami bagi nelayan.

“Kalau mereka semulanya hanya melakukan aktivitas sebagai nelayan di wilayah yang mudah di jangkau, kini harus berlayar jauh, tentu itu akan memengaruhi sisi pembiayaan para nelayan,” kata Agus Haris.

Lebih jauh, ia berharap agar pemerintah mengambil langkah yang tepat. Selain memikirkan keberlangsungan ekosistem laut juga ada jaminan kesejahteraan bagi para nelayan.

“Mungkin semacam bantuan subsidi BBM kepada nelayan, maupun bentuk kompensasi lainnya,” pungkasnya. (*)

Reporter : Mirah Hayati

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

22,044FansSuka
3,032PengikutMengikuti
18,800PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles