24.5 C
Bontang
Rabu, Desember 8, 2021
spot_img

Upayakan Harga Pangan Terjangkau, Pemkot Bontang Rilis 3 Toko Tani Indonesia

KAREBAKALTIM.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Bontang terus berupaya menyajikan harga pangan yang terjangkau bagi masyarakat. Salah satunya yakni dengan merilis Toko Tani Indonesia.

Melalui Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3), Pemkot Bontang resmi membuka 3 Toko Tani Indonesia, Senin (1/10/2021) bertepatan dengan Peringatan Hari Pangan Sedunia. Yang tersebar di 3 kecamatan di Kota Taman. Diantaranya, Kecamatan Bontang Selatan, Kecamantan Bontang Utara, dan Kecamatan Bontang Selatan.

Plt Kepala DKP3 Bontang Edy Foreswanto mengatakan Toko Tani Indonesia merupakan salah satu usaha pemerintah memotong rantai pasokan pangan. Dengan rantai pasokan pangan yang semakin pendek, diharapkan harga barang dipasaran juga akan turun.

“Sehingga dapat dijangkau oleh masyarakat kurang mampu Kota Bontang,” ungkapnya.

Edy menjelaskan, nantinya Toko Tani Indonesia Kota Bontang ini menjadi pihak ke 3 yang diharapkan dapat menjual barang dibawah harga pasar kepada konsumen. Selain itu, Toko Tani Indonesia tersebut juga diharapkan dapat menjadi alternatif bagi masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pangan sehari-harinya.

“Pada prosesnya, pihak produsen atau petani mengirimkan berang kepada Toko Tani Indonesia Provinsi. Kemudian akan disalurkan kepada Toko Tani Indonesia yang ada di kabupaten/kota, termasuk Kota Bontang,” ujarnya.

Lebih jauh, ia berharap program ini dapat menjawab persoalan sistem pangan yang berkelanjutan di daerah, khususnya Kota Bontang. Pihaknya juga berharap agenda ini berjalan dengan baik kedepannya. Sehingga dapat lebih banyak lagi Toko Tani Indonesia di Kota Bontang. Ia juga mengajak masyarakat dapat turut berpartisipasi aktif menyukeskan program tersebut.

“Sehingga lebih banyak lagi masyarakat yang mendapatkan manfaat dari program tersebut,” pungkasnya. (*)

Reporter : Tomy Gutama

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

22,846FansSuka
3,051PengikutMengikuti
18,900PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles