29.1 C
Bontang
Minggu, Februari 5, 2023
spot_img

Pemkot Diminta Antisipasi Ancaman Abrasi Pulau Gusung

karebakaltim.com – Anggota Komisi lll Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bontang Faisal mendesak pemerintah fokus terhadap kondisi eksisting Pulau Gusung yang berada di Kelurahan Guntung, Kecamatan Bontang Utara.

Faisal mengatakan, keberadaan Pulau Gusung sekarang terancam akan tenggelam akibat abrasi. Untuk itu dia meminta Pemerintah Kota Bontang segera menangani hal itu.

“Ini saya saksikan sendiri ada bangun yang sudah tidak berdiri lagi lantaran terkikis oleh abrasi,” katanya, Selasa (6/9/2022).

Dia menyatakan, pada 2019 lalu, saat dirinya berkunjung ke pulau tersebut, ada gedung yang dia gunakan untuk pertemuan. Namun terakhir kali dia berkunjung, gedung tersebut sudah tidak ada.

“Saya lihat di depan itu sudah benar-benar abrasi. Pulau itu makin sempit,” ujarnya.

Untuk itu, dia minta pemerintah memberi perhatian khusus terhadap Pulau Gusung agar selamat dari abrasi. Sebab jika tidak, maka pulau yang dihuni 300an penduduk itu akan hilang.

Faisal berharap Pemkot Bontang segera mengambil sikap untuk menangani abrasi yang terus menerus terjadi dari tahun ke tahun. Langkah awal, pemkot diminta memasang penahan ombak d bagian luar pulau.

“Jadi perlu perhatian pemerintah untuk menyelamatkan Pulau Gusung ini. Harus diselamatkan karena merupakan pulau kekayaan Bontang itu,” kata Politisi Partai Nasdem itu. (*)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,698PengikutMengikuti
20,500PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles