27.7 C
Bontang
Selasa, Mei 28, 2024
spot_img

Minim Perhatian, ODGJ di Bontang Kerap Ciptakan Keresahan Publik

KAREBAKALTIM.com – Anggota DPRD Kota Bontang Irfan meminta pemerintah kota melakukan penanganan serius bagi orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) di Kota Bontang.

Sebab, kerap ODGJ berkeliaran dipusat kota dan meresahkan masyarakat.

Irfan mengatakan ODGJ yang berkeliaran itu sering mengamuk di tempat umum. Ia menilai hal ini karena kurangnya penanganan serius oleh pemerintah terhadap orang gila yang masih berkeliaran.

Kurangnya penanganan tersebut berdampak pada munculnya keresahan masyarakat pada kejadian ODGJ yang kadang merusak fasilitas pribadi milik warga.

“Masih banyak yang berkeliaran tidak diurus. Tidak bisa dibiarkan begini terus,” kata Irfan.

Oleh sebab itu pemerintah harus serius melakukan penanganan terhadap ODGJ yang masih berkeliaran, agar kejadian merusak fasilitas pribadi warga tidak terulang kembali.

“Pemerintah harus lebih serius tangani ODGJ yang masih berkeliaran, jangan tunggu mereka mengamuk baru ditangani,” kata Irfan

Politisi PAN Irfan menghimbau masyarakat untuk melapor ke dinas terkait jika menemukan ODGJ yang berkeliaran di sekitar lingkungan agar segera ditindaklanjuti.

Penanganan ODGJ juga harus dilakukan dengan tepat. Karena jika tindakan penanganan yang dilakukan tidak tepat maka ODGJ tersebut dapat mempersulit keadaan.

“Libatkan masyarakat, laporan mereka harus ditangani segera,” ujarnya.

Irfan bilang tidak ada alasan bagi pemerintah untuk tidak memberi perhatian pada hal. Termasuk alasan tidak ada anggaran. Sebab itu bisa diusulkan dinas agar DPRD bisa menganggarkan.

“Jika tak ada anggaran silahkan usulkan,” kata Irfan. (*)

Print Friendly, PDF & Email

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
21,800PelangganBerlangganan