Memprihatinkan, Gedung SDN 011 Bontang Utara di Pulau Gusung Roboh

KAREBAKALTIM.com – Gedung Sekolah Dasar Negeri (SDN) 011 Bontang Utara kondisinya memprihatinkan. Insfraktuktur pendidikan dasar tersebut mengalami kerusakan parah, sehingga tidak bisa difungsikan untuk kegiatan belajar mengajar.

Dari pantauan reporter Karebakaltim.com di lokasi tepatnya di Pulau Gusung, Kelurahan Guntung, Rabu (26/5/2021) nampak bangunan miring bahkan tiga ruangan ambruk rata dengan tanah. Di antaranya kelas IV, V, dan VI.

Menurut penuturan, Nurlaini warga RT 03 Pulai Gusung, robohnya bangunan tersebut terjadi pada Senin (24/5/2021), sore. Namun, sebelum runtuh keadaan sekolah yang berada di tengah pulau ini sudah mencemaskan.

“Tiga hari lalu dek. Tapi sudah bertahun-tahun memang kondisinya menyedihkan,” ujarnya.

Senada, Ketua RT 03 Pulau Gusung, Jumadi mengatakan, kerusakan pertama diketahui pada 2020 lalu. Sejak itu pun pembelajaran dialihkan ke rumah warga, sebab dikhawatirkan ketika sedang belajar bangunan rebah dan menimpa murid serta guru-gurunya.

“Saya dapat laporan dari gurunya. Kemudian kita cek, memang tidak bisa lagi. Sudah rawan ditempati, Mbak,” bebernya.

Kata dia, penyebab ambruknya gedung SDN 011 karena abrasi atau terjadinya pengikisan tanah oleh tenaga gelombang laut yang bersifat destruktif atau merusak.

“Jadi kena gelombang langsung jatuh,” sebutnya.

Selain itu, ia mengatakan, gedung sekolah yang terbuat dari kayu itupun juga sudah lama yakni dari 2002 lalu. Sehingga sudah mulai rapuh.

Ia berharap pemerintah dalam hal ini Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Bontang segera menindaklanjuti hal tersebut.

“Harapan saya anak-anak dibuatkan sekolah baru. Apalagi Covid-19 sudah mulai meredah, tatap muka juga tidak lama lagi digelar,” pungkasnya. (*)

Reporter : Mirah Hayati
Editor : Risman

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini