29.7 C
Bontang
Sabtu, April 13, 2024
spot_img

Manfaatkan Pekarangan untuk Penuhi Gizi, DKP3 : Bisa Cegah Stunting

KAREBAKALTIM.com – Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKP3) Kota Bontang mendukung upaya penurunan stunting melalui intervensi sensitif berupa penguatan ketersediaan pangan, penguatan akses pangan, dan pemanfaatan pangan.

Kepala Bidang (Kabid) Ketahanan Pangan, DKP3 Kota Bontang, Debora Kristiani mengatakan, salah satu program intervensi yang dilakukan ialah Pekarangan Pangan Lestari (P2L).

P2L dititikberatkan pada pemberdayaan kelompok masyarakat, dengan memanfaatkan pekarangan sebagai lumbung pangan untuk ditanami berbagai jenis tanaman sumber karbohidrat, protein, vitamin dan mineral untuk dikonsumsi keluarga.

“Jadi masyarakat bisa menanam sendiri di pekarangan untuk memenuhi kebutuhan guna mencegah stunting,” ujarnya saat dihubungi reporter Karebakaltim.com, Senin (30/8/2021).

Kegiatan P2L sangat bermanfaat bagi keluarga agar mampu memenuhi asupan gizi dari komoditas pangan yang ditanam di pekarangan.

Selain itu, program ini dapat meningkatkan pendapatan rumah tangga dengan menghemat pengeluaran untuk pangan, karena sumber pangan tersedia di sekitar rumah. (*)



Reporter : Mirah Hayati

Print Friendly, PDF & Email

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
21,600PelangganBerlangganan