25.5 C
Bontang
Minggu, November 28, 2021
spot_img

Kurangi Sampah Plastik, Komunitas Peduli Sampah Dorong Pemkot Sediakan Tempat Refill di Ruang Publik

KAREBAKALTIM.com – Dukung Bontang bebas sampah, Komunitas Peduli Sampah Bontang minta Pemerintah Kota (Pemkot) Bontang lebih perhatikan persoalan sampah.

Salah satunya dengan menyediakan tempat pengisian air minum gratis di tempat umum. Hal tersebut dimaksudkan untuk mengurangi sampah plastik dari air minum kemasan.

Ketua Komunitas Peduli Sampah Bontang Saipul mengatakan pemerintah semestinya jangan hanya menyuruh masyarakat untuk membawa tumbler dari rumah, tapi juga dapat menyediakan tempat pengisian air minum di tempat umum.

“Jangan hanya menyuruh kami untuk membawa tumbler, tetapi juga harus menyediakan refill isi ulang di ruang-ruang publik,” ujarnya, Senin (22/2/2021).

Kedepan ia berharap hal tersebut dapat direalisasikan, agar program mengurangi sampah plastik dengan membawa botol sendiri tersebut dapat berjalan efektif.

“Karena ketika kita bawa tumbler, terus air kita habis ya sama saja kita pasti akan membeli botol air minum kemasan,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Founder dan juga direktur Bank Sampah Bontang itu juga mengatakan guna mendukung Bontang bebas sampah, dalam waktu dekat Komunitas Peduli Sampah akan mendeklarasikan ‘Laut Bukan Tempat Sampah’. Pihaknya kini tengah mengumpulkan petisi dukungan untuk mensukseskan program tersebut.

“Sebab selama melakukan aksi gerakan peduli sampah dan gerakan memungut sampah masih banyak ditemukan sampah di pesisir dan di laut. Kita lagi kumpulkan petisi dengan tanda tangan sebagai dukungan bahwa laut bukan tempat sampah,” pungkasnya. (*)



Reporter : Tomy Gutama
Editor : Siti Nurkhasanah

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

22,044FansSuka
3,032PengikutMengikuti
18,800PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles