25.5 C
Bontang
Selasa, April 16, 2024
spot_img

Kondisi Tak Layak, Komisi I Desak Relokasi SDN 004 Bontang Selatan

KAREBAKALTIM.com – Komisi I DPRD Kota Bontang meninjau SDN 004 Bontang Selatan, Senin (5/9/2022). Kunjungan ini terkait sarana dan prasarana gedung sekolah yang dinilai kelayakannya belum maksimal.

Ketua Komisi I DPRD Bontang Muslimin mendukung keinginan pihak sekolah untuk relokasi gedung sekolah. Pemerintah Kota (Pemkot) Bontang diminta memenuhi keinginan pihak sekolah agar segera merelokasi sekolah dasar ini ke lokasi yang ditetapkan pihak sekolah.

Muslimin mengatakan, kondisi sekolah negeri itu sangat memprihatinkan. Ia menilai kondisi sarana prasarana gedung sekolah tersebut tergolong tidak memadai atau kurang layak.

Relokasi sangat diperlukan, kata Muslimin. Perlu renovasi maupun membangun sarana dan prasarana lainnya, sepeti kurangnya ketersediaan ruang kelas, kamar WC. Namun, legalitas lahan sekolah yang belum memiliki kejelasan sejak dibangun, sehingga perlu relokasi.

“Ada ruang kelas yang masih menggunakan kayu, ukuran kelas yang tidak sesuai serta hanya tersedianya dua kamar WC. Sementara jumlah siswa sekolah mencapai 300 orang,” ungkap Muslimin.

Muslimin juga meminta lahan relokasi SDN 004 Bontang Selatan agar segera disiapkan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Bontang.

“20 persen APBD belum pernah mengakomodir relokasi sekolah ini. Padahal rencana relokasi sudah sejak 10 tahun lalu,” ujarnya.

Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) Bontang, Sunarya secara terpisah menyampaikan, upaya relokasi SDN 004 Bontang Selatan ini sebenarnya sudah diajukan sejak Maret 2022. Pemerintah kota menyiapkan lahan seluas 7.141 meter per segi di Jalan M Roem Bontang Lestari.

“Idealnya lahan yang dibutuhkan satu hektare tapi  karena lahan yang ada tidak memenuhi,  model bangunannya nanti dibuat bertingkat,” jelas Sunarya. (*)

Print Friendly, PDF & Email

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
21,600PelangganBerlangganan