Jamin Keamanan Pangan, DKP3 Bontang Dorong Sertifikasi PSAT

KAREBAKALTIM.com – Dinas Ketahanan Pangan Peternakan dan Perikanan (DKP3) Bontang mendorong terwujudnya keamanan pangan yang beredar di masyarakat. Salah satunya yakni dengan melakukan sertifikasi penerapan penanganan yang baik Pangan Segar Asal Tumbuhan (PSAT).

Hal tersebut ditandai dengan penyerahan secara simbolis sertifikat penerapan penanganan yang baik PSAT kepada Borneo Organik Sehat Sejahtera (BOSS) Kota Bontang, Senin (1/10/2021).

Plt Kepala DKP3 Bontang Edy Foreswanto mengatakan sertifkasi tersebut merupakan salah satu program pemerintah dalam menjamin keamanan pangan, khususnya dalam kualitas pangan. Selain sertifikasi penerapan penanganan, pihaknya juga mendorong sertifikasi Izin Edar Pangan Segar Asal Tumbuhan (PSAT PD) komoditas beras.

“Supaya menjamin pangan yang beredar di masyarakat tersebut aman dan layak untuk dikonsumsi,” ujarnya.

Selain itu, sertifikasi tersebut juga dapat meningkatkan penghasilan kelompok tani dalam menjajakan produknya. Dengan adanya sertifikasi tersebut, produk yang dijual harganya tentu lebih tinggi ketimbang yang tidak bersertifikat.

“Karena produk yang memiliki sertifikasi tersebut sudah terdaftar secara resmi. Sehingga konsumen tidak perlu ragu lagi akan keamanannya,” ujarnya.

Lebih jauh, ia berharap hal ini dapat menjadi perhatian dari segala lapisan masyarakat tentang vitalnya masalah pangan.

“Kita juga mengajak masyarakat dapat berkontribusi dalam upaya ketahanan pangan dan dapat meningkatkan kesadaran diri terhadap kebutuhan pangan sekitar,” pungkasnya. (*)

Reporter : Tomy Gutama

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini