25.3 C
Bontang
Senin, November 29, 2021
spot_img

Ini Besaran Zakat Fitrah 1442 Hijriah di Bontang

KAREBAKALTIM.com – Menghadapi bulan Suci Ramadhan 1442 Hijriah yang tinggal menghitung jam, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Bontang bersama Bantuan Amil Zakat Nasional (Baznas) dan juga pihak terkait, melakukan pertemuan menetapkan besarnya zakat fitrah.

Dalam pertemuan yang berlangsung di Aula Kantor Kemenag Bontang, penetapan besarnya zakat fitrah untuk tahun 1442 hijriah di Bontang sebesar 1 sha’ atau setara dengan 2,5 kg (terendah) makanan pokok (beras).

“Dibagi menjadi 3. Terendah sebesar Rp43 ribu. Pertengahan sebesar Rp50 ribu, dan tertinggi senilai Rp60 ribu,” jelas Penyelenggara Zakat dan Wakaf Kemenag Bontang Yarkani, Senin (12/04/2021).

Disamping menetapkan besar zakat fitrah, kata Arkani juga ditetapkan besar zakat maal sebesar 85 gram emas dengan harga Rp968 ribu. Serta ditetapkan pula besarnya fidyah per hari sebesar satu porsi makanan kebiasaan sehari-hari.

“Kalau zakat maal, diuangkan antara Rp15 ribu sampai dengan Rp25 ribu,” pungkasnya.

Ia menghimbau kepada umat Muslim (Muzakki) Kota Bontang agar menunaikan Zakat Fithri nya lebih awal (boleh di awal Ramadhan) untuk memudahkan panitia/Amil menyalurkan kepada yang berhak menerima (Mustahiq).

Diketahui, Zakat fitrah adalah zakat yang wajib dikeluarkan umat Muslim menjelang hari raya Idul Fitri atau pada bulan Ramadan.

Sementara itu, zakat fidyah merupakan sebuah ibadah berupa pemberian bahan makanan pokok atau makanan dikarenakan seseorang menggantikan kewajiban berpuasa.

Sedangkan untuk zakat maal adalah jenis zakat yang dikeluarkan individu maupun lembaga atas harta atau penghasilan yang diperolehnya dengan syarat dan ketentuan yang sudah ditetapkan. (*)



Reporter : Mirah Hayati
Editor : Siti Nurkhasanah

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

22,044FansSuka
3,036PengikutMengikuti
18,800PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles