24.3 C
Bontang
Sabtu, Januari 22, 2022
spot_img

Edukasi Masyarakat Terkait Penanganan Dini Bencana, Disdamkartan Bontang Launching Inovasi Rescue

KAREBAKALTIM.com – Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkartan) launching inovasi ‘Rescue Student’ untuk siswa tingkat SMA sederajat, Senin (29/11/2021).

Program ‘Rescue Student’ merupakan tim relawan yang dibentuk guna meningkatkan efektivitas penanganan musibah di Kota Taman.

Ketua Panitia Pelaksana Ahmad Rifani mengatakan pembentukan tim relawan itu bertujuan agar masyarakat turut berperan dalam penanggulangan bencana daerah yang sewaktu-waktu dapat terjadi.

Selain membentuk tim relawan, pihaknya juga memberikan sejumlah wawasan terkait penanganan musibah, bahaya ataupun insiden yang meresahkan masyarakat.

“Disini kita libatkan siswa SMA dan SMK sebagai tenaga sukarelawan. Tujuannya  supaya bisa melakukan penyelamatan dini, serta meningkatkan wawasan dan skill dalam menyelesaikan segala insiden baik di lingkungan sekolah maupun tempat tinggal ,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Disdamkartan Bontang Amiluddin mengatakan selama ini petugas hanya fokus terhadap kasus penyelamatan ataupun penanganan yang terjadi di masyarakat. Melalui inovasi ini pihaknya ingin mengedukasi serta mempersiapkan masyarakat dalam penanggulangan bencana.

“Perlu adanya pemahaman masyarakat terkait tata cara penanganan dini ketika ada kejadian yang meresahkan masyarakat. Misalnya penanganan hewan buas seperti ular dan sebagainya,” ujarnya.

Lebih jauh ia berharap, inovasi dapat menyentuh lebih banyak elemen masyarakat. Sehingga lebih banyak yang teredukasi tentang penanganan dini.

“Karena keterbatasan anggaran, untuk tahun ini hanya 2 sekolah dulu, namun kedepannya akan dilakukan kepada seluruh sekolah, bahkan nanti ada relawan di tingkat RT, atau minimal di tingkat kelurahan,” pungkasnya. (*)

Reporter : Tomy Gutama

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

22,846FansSuka
3,129PengikutMengikuti
19,100PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles