Dukung Industri Rumah Tangga, Tim STITEK Bontang Dampingi Penerapan E-Commerce pada UMKM

KAREBAKALTIM.com – Tim Sekolah Tinggi Teknologi (STITEK) Bontang menggelar pelatihan dan peningkatan kapasitas kepada para pelaku usaha yang tergabung dalam Industri Rumah Tangga (IRT) Rizky Indah, Jumat hingga Senin, 19-22 Agustus 2022.

Didominasi oleh kaum ibu, IRT Rizky Indah yang terletak di Kelurahan Lok Tuan, Kecamatan Bontang Utara, Kota Bontang, itu merupakan industri UKM yang memproduksi cemilan makanan ringan khas.

Pelatihan ini merupakan bagian dari program pengabdian masyarakat STITEK Bontang yang berfokus pada penerapan teknologi e-Commerce dalam strategi penjualan produk. Kegiatan ini terlaksana melalui skema program kemitraan masyarakat stimulus (PKMS) yang mendapatkan pendanaan dari Kementerian Pendikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (KEMDIKBUDRISTEK) tahun 2022.

“Bentuk pengabdian yang diberikan berupa pengembangan perangkat lunak e-Commerce yang nantinya akan digunakan IRT Rizky Indah dalam melakukan transaksi penjualan produknya secara online,” ujar Ketua Tim STITEK Bontang, Rio Jumardi, M.Eng.

Dosen Teknik Informatika ini menambahkan, giat ini dilaksanakan dalam rangka memaksimalkan strategi pemasaran yang selama ini telah dilakukan secara tradisional menjadi berbasis teknologi informasi.

Selain itu, terdapat pendampingan terhadap mitra tentang pengenalan perangkat teknologi informasi, pendampingan pengelolaan katalog produk serta pendampingan pengelolaan pesanan yang telah dilakukan oleh pelanggan.

Kemudian dirangkai pelatihan teknik pengambilan foto atau gambar produk yang akan ditayangkan secara menarik. Sistem e-Commerce ini dapat diakses melalui website (laman) rizkyindah.com.

Kegiatan ini ditutup dengan penyerahan sejumlah aset kepada mitra berupa software e-Commerce, hosting dan domain, studio box mini untuk pengambilan gambar produk serta satu unit laptop guna tata kelola administrasi sistem e-Commerce.

“Harapan kami, mitra dapat menggunakan e-commerce tersebut sebaik-baiknya. Sehingga dapat memperluas jangkauan promosi produk dan mempermudah proses transaksi penjualan sehingga dapat meningkatkan penjualan di IRT Rizky Indah,” tutup Rio.

Siyamtini, pengelola IRT Rizky Indah, menyampaikan apresiasi program kemitraan STITEK Bontang yang menyasar industri kecil rumah tangga miliknya. Ia mengaku, pelatihan yang didapatkan turut menambah wawasan penggunaan teknologi informasi pelaku usaha.

“Kami merasa sangat terbantu dalam pengelolaan penjualan produk kami menggunakan e-commerce ini,” ungkapnya.

Ia berharap, IRT Rizky Indah dapat terus memanfaatkan perangkat dan fitur e-Commerce serta ilmu yang telah didapatkan. Sehingga hasilnya akan terlihat dalam peningkatan penjualan dan layanan kepada pelanggan. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini