DKP3 Dorong Masyarakat Budidaya Tanaman Organik, Sehat dan Menguntungkan

KAREBAKALTIM.com – Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan, dan Pertanian (DKP3) Bontang terus mendorong masyarakat membudidayakan tanaman organik.

Kepala Bidang (Kabid) Ketahanan Pangan DKP3 Bontang, Debora Kristiani mengatakan, selain tanaman tersebut sehat dan aman dikonsumsi, juga dapat menambah pendapatan keluarga.

Seperti yang tergabung dalam Pekarangan Pangan Lestari (P2L). Diantaranya Dasawisma Sikaboro’ Jalan Belibis, RT 08, Kelurahan Kanaan, kelompok masyarakat ini sudah menjual hasil panen mereka.

“Sebagian mereka konsumsi, sebagian dijual. Kemarin hasil penjualan Rp1 juta,” ujarnya saat dihubungi, Rabu (28/7/2021).

Lebih jauh Debora berharap, bukan hanya kelompok P2L akan tetapi ibu rumah tangga lainnya terutama organisasi Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) pun memanfaatkan lahan atau pekarangan di rumah.

“Apalagi ditengah pandemi seperti ini. Bisa tanam di polybag atau menggunakan pot dari barang bekas,” pungkasnya.

Sebagai informasi, P2L merupakan salah satu program yang mendukung ketahanan pangan sebagai sumber pangan keluarga. Kegiatan ini merupakan program kerja yang digagas oleh Kementrian Pertanian (Kementan) yang digerakan sejak tahun 2010 dengan nama Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL). (*)

Reporter : Mirah Hayati

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini