25 C
Bontang
Selasa, Desember 7, 2021
spot_img

DKP3 Dapat Kunjungan DPTPH, Pelajari Survey PPH Mandiri

KAREBAKALTIM.com – Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan, dan Pertanian (DKP3) Kota Bontang mendapat kunjungan dari Dinas Pangan Tanaman Pangan Hortikultura (DPTPH) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) pada Selasa (8/6/2021).

Kunjungan tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang survey Pola Pangan Harapan (PPH) secara mandiri.

“Pembinaan teknis perhitungan skor PPH,” ujar Kepala Bidang (Kabid) Ketahanan Pangan DKP3 Kota Bontang, Debora Kristiani.

Kata dia, ke depan akan ada dua sumber data PPH. Yakni dari pihak DKP3 dan Badan Pusat Statistik (BPS), lantaran BPS memiliki data lengkap jumlah penduduk Kota Taman.

Namun, Bidang Ketahanan Pangan akan memonitor konsumsi pangan masyarakat tingkat kecamatan. Untuk mengetahui bagaimana intervensi diversifikasi yang tepat di kecamatan.

Diversifikasi pangan adalah program yang dimaksudkan agar masyarakat tidak terpaku pada satu jenis makanan pokok saja dan terdorong juga mengonsumsi bahan pangan lainnya sebagai pengganti makanan pokok yang selama ini dikonsumsinya

“Kalau kurang makan ikan, intervensi gizinya pelatihan makan ikan. Begitupun kalau sayur, jika tidak beraneka ragam makanannya akan dibuatkan program biar lebih cepat ditangani,” tuturnya.

Adanya PPH dapat mengetahui kualitas pangan yang dikonsumsi masyarakat. Selain itu PPH juga bertujuan menekan angka kasus stunting dan gizi buruk. (*)

Reporter : Mirah Hayati

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

22,846FansSuka
3,048PengikutMengikuti
18,800PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles