27.1 C
Bontang
Rabu, Desember 1, 2021
spot_img

DKP3 Bontang Harap Masyarakat Perhatikan Limbah Kurban Dengan Baik

KAREBAKALTIM.com – Tak lama lagi perayaan hari raya Iduladha akan segera dilaksanakan, tepatnya pada Selasa (20/7/2021) mendatang. Menjelang hari pelaksanaan, masyarakat diminta memperhatikan pembuangan limbah dan bagian tubuh hewan kurban yang tidak terpakai dengan baik.

Kepala Seksi (Kasi) Kesehatan Masyarakat Veteriner (Kesmasvet) DKP3 Bontang, Sri Muryati mengatakan Limbah hewan kurban yang dibuang sembarangan akan memberikan ketidaknyamanan kepada masyarakat karena menimbulkan bau dan mendatangkan penyakit.

“Karena tidak semua penyembelihan dilakukan di Rumah Potong Hewan (RPH), untuk itu masyarakat yang melakukan pemotongan di luar rumah potong diminta memperhatikan limbah kurbannya,” ujarnya, Jumat (16/7/2021).

Untuk penanganan limbah kurban seperti darah, ia mengatakan agar tidak dibuang di selokan, sungai ataupun danau. Tempat penyembelihan hewan harus memiliki lubang penampungan darah.

“Selain itu jeroan hijau atau isi perut dan usus juga tidak boleh dibuang sembarangan, buanglah kedalam lubang yang digali atau septic tank,” ungkapnya.

Selain itu, ia juga mengingatkan agar panitia kurban dapat mengolah daging dengan menerapkan asas aman dan bersih. Baik alat untuk memotong, alas daging, hingga wadah pendistribusian daging.

“Kalau bisa proses mulai dari penyembelihan sampai pemisahan daging dilakukan tidak terlalu lama. Untuk menghasilkan daging yang sehat dan aman dikonsumsi,” pungkasnya. (*)

Reporter : Tomy Gutama

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

22,044FansSuka
3,038PengikutMengikuti
18,800PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles