Cek Keamanan Mutu Pangan Segar, DKP3 Bontang Sidak Retail Modern

DKP3 Bontang tinjau stok pangan di sejumlah ritel modern , Kamis (1/9). (Ist)

KAREBAKALTIM.com – Dinas Ketahanan Pangan Perikanan dan Pertanian (DKP3) Kota Bontang terus membangun komitmen untuk menjamin keamanan mutu Pangan Sehat Asal Tumbuhan (PSAT) yang beredar di Kota Bontang.

Komitmen ini diwujudkan dalam pengawasan rutin yang dilakukan Bidang Ketahanan Pangan DKP3 Bontang.

Kali ini, Fungsional Pengawas Mutu Hasil Pertanian (PMHP) Bidang Ketahanan Pangan Dinas Ketahanan Pangan Perikanan dan Pertanian (DKP3) Kota Bontang, Fahkruddin Bersama dua orang staf teknis turun melakukan pengawasan Pre Market PSAT di beberapa pasar ritel besar modern di Kota Bontang, Kamis (1/9/2022).

Fahkruddin mengatakan, pengawasan ini merupakan bentuk komitmen Otoritas Kompeten Keamanan Pangan Daerah (OKKP-D untuk menjamin keamanan mutu pangan segar asal tumbuhan (PSAT) yang beredar di masyarakat terutama dalam wilayah Kota Bontang.

“Dalam Kegiatan pengawasan tersebut, sekaligus dilakukan pembinaan dan sosialisasi tentang regulasi atas produk kepada pelaku usaha dan manajemen ritel sebagai upaya penjaminan keamanan dan mutu pangan bagi masyarakat yang mengkonsumsinya,” katanya, kamis (1/8/2022).

Fahkruddin menjelaskan, pengawsan kali ini, dilakukan pada empat tempat ritel besar modern dengan komoditas beras premium dan medium, bumbu kemasan, rempah-rempah, kacang-kacangan dan umbi-umbian.

“Di antara PSAT yang ditemukan di lapangan khususnya untuk komoditas beras dari 45 merek beras di empat tempat ritel besar modern itu, yang memiliki izin edar hanya 17 merek,” ujarnya.

Meskipun regulasi tentang izin edar PSAT di peredaran telah diberlakukan, namun dalam praktek masih ditemukan pelaku usaha yang belum mematuhinya.

“Temuan ini akan menjadi bahan evaluasi terhadap kinerja OKKP-D Kota Bontang untuk lebih meningkatkan kinerja pengawasan keamanan dan mutu pangan segar ke depan,” ungkapnya. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini