26.2 C
Bontang
Minggu, Mei 26, 2024
spot_img

UMKM Olahan Pangan Ditargetkan Pegang Sertifikat Halal 2024 Mendatang

KAREBAKALTIM.com – Dinas Ketahanan Pangan Perikanan dan Pertanian (DKP3) Kota Bontang menargetkan semua usaha kecil menengah (UKM) binaan mendapat sertifikat halal pada tahun 2024.

Target ini ditujukan pada usaha binaan yang berfokus pada produk olahan makanan.

Hal ini diungkapkan Kabid Peternakan DKP3 Bontang, Jois Ratna Andi Lolo. Dia mengatakan, pihaknya menargetkan seluruh UKM yang dibina dapat memenuhi  syarat sertifikasi halal.

“Ini targetnya kan 2024 semua UKM memiliki sertifikat halal,” ungkap Jois saat ditemui, Kamis, (1/9/2022).

Untuk mencapai target tersebut, Jois menyampaikan akan memberikan pendampingan lebih intens kepada seluruh UKM binaan. Termasuk memfasilitasi para UKM yang didampingi hingga mendapat sertifikat halal.

“Beberapa UKM telah kita dampingi juga, ada yang sejak 2020 kita dampingi untuk mendapatkan usaha mereka,” sebutnya.

Selain pendampingan secara berkala, DKP3 juga kata Jois gencar melakukan mensosialisasikan Program Sertifikat Halal Gratis (Sehati). 

Hingga saat ini, telah ada 8 UKM binaan DKP3 Bontang yang telah mendapat sertifikat halal. Ke depannya, dia berharap semakin banyak UKM yang mendaftar untuk mendapatkan sertifikat halal.

Seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap produk halal bagi masyarakat di Tanah Air, Kementerian Agama mensosialisasikan tahapan mengurus sertifikasi halal bagi para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Hal ini berdasarkan Undang- Undang (UU) No 33/2004 tentang Jaminan Produk Halal, Kepala Pusat Registrasi dan Sertifikasi Halal Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH). (*/adv)

Print Friendly, PDF & Email

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
21,800PelangganBerlangganan