25 C
Bontang
Selasa, Desember 7, 2021
spot_img

Cegah Penyakit Menular, DKP3 Bontang Rutin Cek Kesehatan Hewan Ternak


KAREBAKALTIM.com – Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3) Bontang rutin cek kesehatan hewan ternak yang ada di Kota Bontang. Tak terkecuali ternak babi.

Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Hewan Dinas Ketahan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3) Bontang Riyono menjelaskan hal tersebut untuk memastikan hewan ternak yang beredar aman untuk di konsumsi masyarakat.

“Meski tidak banyak yang mengonsumsi seperti daging sapi atau ayam, namun karena ada beredar di masyarakat tetap wajib kami pastikan keamanannya,” ungkapnya.

Selain itu kata Riyono, cek kesehatan rutin itu juga untuk memastikan hewan ternak tersebut tidak terkena penyakit berbahaya maupun menular.

“Karena saat ini banyak jenis penyakit yang bisa menjangkit hewan ternak. Baik yang menular dari hewan ke hewan, maupun yang menular dari hewan ke manusia,” ungkapnya.

Lanjutnya, Riyono mengatakan di Kota Bontang masih relatif aman. Hingga saat ini belum pernah ditemukan adanya penularan penyakit atau virus dari hewan ke manusia.

Kendati demikian pihaknya tetap melakukan pemeriksaan rutin. Untuk mencegah hal yang tidak diinginkan.

“Kalau dari kita penanganan sejauh ini lebih ke pencegahan, dengan cara memberiksn sosialisasi kepada pemilik ternak, warga, dan pihak kelurahan setempat,” pungkasnya. (*)



Reporter : Tomy Gutama




Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

22,846FansSuka
3,048PengikutMengikuti
18,800PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles