25.9 C
Bontang
Minggu, Mei 26, 2024
spot_img

Banjir Tak Kendur, Masterplan Penanganan Malah Terulur

KAREBAKALTIM.com – Wakil Ketua DPRD Bontang Agus Haris menyinggung masterplan penanganan banjir Kota Bontang yang tak kunjung rampung. Padahal, pemerintah berdalih kajian perencanaan terkait penanganan banjir diperkirakan selesai akhir tahun ini.

Penyusunan masterplan ini dikucur anggaran Rp 1,3 miliar. Tender ini dimenangkan PT Globetek Glory Konsultan. Perusahaan asal Manado ini mengalahkan 45 perusahaan lainnya pada saat tender.

Agus Haris menyayangkan masterplan itu tidak diselesaikan cepat. Padahal, kajian itu merupakan gambaran besar dalam menangani banjir di Kota Bontang.

“Lambat sekali menurut saya, Tidak sesuai dengan visi-misi walikota,” kata Agus Haris.

Terbaru, pernyataan dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota (PUPRK) bahwasanya program non rutin untuk penguraian banjir baru diajukan di 2024.

Kemudian, menurut Agus Haris kajian itu idealnya selesai di bulan lalu. Sehingga pengerjaan awal dapat dimulai di APBD perubahan tahun ini.

Sementara banjir merupakan persoalan yang dikeluhkan mayoritas warga Bontang. Untuk itu dia minta pemerintah serius menangani masalah banjir.

Agus Haris bilang, seharusnya penguraian banjir di mulai pada 2023 mendatang. Hal itu sesuai dengan rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD).

“Program ini meleset dong kalau baru mulai di 2024, karena di RPJMD itu mulai 2023,” ujar Ketua Gerindra Bintang ini.

Sebelumnya, pengajuan masterplan ditolak oleh DPRD, saat diajukan pemerintah pada pergeseran tahun lalu. Alasannya waktu yang tidak mumpuni atau terbatas, sehingga penyusunan dikhawatirkan tidak maksimal.

Tetapi ketika dianggarkan di awal tahun malah penyelesaiannya molor hingga akhir tahun.

“Sekarang berbanding terbalik. Waktu itu kami tolak karena waktunya mepet. Sekarang dimulai awal tahun malah sampai saat ini belum kelar,” bebernya. (*)

Print Friendly, PDF & Email

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
21,800PelangganBerlangganan