25.4 C
Bontang
Minggu, November 28, 2021
spot_img

Atasi Harga Pangan Melambung Tinggi, DKP3 Terus Galakkan Program P2L

KAREBAKALTIM.com – Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3) Bontang terus berupaya menjaga harga pangan tidak melambung tinggi di pasaran. Salah satunya yakni dengan menggalakkan program Pekarangan Pangan Lestari (P2L) di Kota Taman.

Kepala Bidang Ketahanan Pangan DKP3 Bontang Debora Kristiani mengatakan program P2L bisa menjadi solusi untuk menjaga harga pangan yang terjangkau bagi masyarakat.

Menurutnya, dengan berjalannya program tersebut, dapat mereduksi permintaan pasar yang tinggi. Sehingga, harga pangan tidak membumbung tinggi.

“Kalau masyarakat sudah menanam sendiri di pekarangannya kan otomatis kebutuhan di pasaran tidak terlalu besar. Karena semakin tinggi permintaan pasar, maka harga juga akan ikut naik,” ungkapnya.

Salah satu contoh yakni harga cabai yang saat ini relatif stabil. Hal tersebut dipengaruhi hasil panen cabai lokal yang dinilai cukup berhasil mengimbangi permintaan pasar.

Selain itu, program P2L itu juga sekaligus dapat menjawab persoalan ketersediaan pangan yang sehat dan aman. Sehingga, sistem pangan yang berkelanjutan dapat diatasi.

Ia berharap, program ini dapat terus berkembang di masa yang akan datang. Untuk itu pihaknya pun terus memberikan penyuluhan kepada masyarakat.

“Kita terus mengajak masyarakat agar dapat memanfaatkan pekarangannya untuk bercocok tanam. Kedepan kita juga akan sering lagi melakukan penyuluhan,” pungkasnya. (*)

Reporter : Tomy Gutama

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

22,044FansSuka
3,032PengikutMengikuti
18,800PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles