29.8 C
Bontang
Rabu, Januari 26, 2022
spot_img

YKHT PKT Hibahkan 8 Fasum dan Fasos ke Pemkot Bontang

KAREBAKALTIM.com – Komisi gabungan II dan III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bontang gelar kunjungan lapangan terkait hibah Fasilitas Umum (Fasum), Fasilitas Sosial (Fasos) yang diserahkan oleh pihak Yayasan Kesejahteraan Hari Tua (YKHT) Pupuk Kaltim (PKT) ke Pemerintah Kota (Pemkot) Bontang di Puja Sera BTN PKT, Jalan Effendi, Kelurahan Belimbing.

Kunjungan tersebut, dipimpin langsung Ketua Komisi II, Rustam didampingi Amir Tosina, Abdul Malik, Siti Yara, Sumaryono, Abdul Samad,  Pupuk Kalimantan Timur (PKT), Yepeka Usaha Mandiri (YUM), Badan Pertanahan Nasional (BPN), YKHT PKT, Yayasan Pupuk Kaltim (YPK) beserta pihak terkait lainnya, Selasa (20/10/2020).

Rustam menyebut, terdapat 8 lokasi yang dialihkan untuk Pemerintah Daerah (Pemda). Tujuh diantaranya masih dalam proses, sementara empat lokasi telah ditandai. Untuk titik pertama telah diukur dengan luas 3.840 meter persegi, disaksikan langsung oleh BPN, PKT, YKHT dan YPK.

“Alhamdulillah lokasi pertama tidak ada kendala dan cuaca sepertinya mendukung,” ujarnya.

Berdasarkan kesepakatan bersama, lapangan volly, puja sera, pendopo dihibahkan ke Pemkot. Kemudian, tugas DPRD adalah memasukkan lahan tersebut sebagai aset pemerintah untuk selanjutnya di bangun fasilitas-fasilitas umum.

“Kalau tidak salah di sini akan di bangun Balai Pertemuan Umum (BPU),” ungkapnya.

Setiap permukiman wajib memiliki fasum dan fasos. Namun, terlebih dahulu kepemilikan harus dirubah, setelah itu baru bisa membangun insfratruktur yang dibutuhkan.

“Seperti daerah Hop 1 dan Hop 2 yang sudah di aspal karena semuanya sudah di serahkan ke pemerintah,” ucapnya.

Dia juga sangat mengapresiasi kondisi lingkungan di perumahan BTN PKT yang mana dinilai bersih dan rapi, termasuk memenuhi Ruang Terbuka Hijau (RTH).

“Ini juga yang membuat Bontang beberapa kali mendapatkan piala Adipura secara berturut-turut. Untuk pembangunan fasumnya jika sudah dihibahkan maka bisa masuk di Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Bontang,” pungkasnya. (ADV)

 

 

Reporter : Mirah Hayati
Editor : Siti Nurkhasanah

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

22,846FansSuka
3,139PengikutMengikuti
19,100PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles