27.6 C
Bontang
Sabtu, April 20, 2024
spot_img

Wujudkan Kemandirian Daerah Melalui PAD, Sigit : Perlahan Namun Pasti Kita Gapai

KAREBAKALTIM.com – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) terus mengoptimalkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Bontang dapat meningkat setiap tahunnya.

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Bontang Sigit Alfian mengatakan hal tersebut agar Bontang tidak terlalu bergantung dari dana transfer Pemerintah Pusat. Serta dalam mewujudkan kemandirian daerah.

“Secara persentase, dari keseluruhan dana APBD, dana PAD kita hanya sebesar 14 persen. Sedangkan dana dari pusat 86 persen,” ujarnya saat ditemui, Jumat (23/10/2020).

Dari persentase tersebut Kota Bontang masih sangat bergantung dana dari Pemerintah Pusat.

Sigit mengatakan ada beberapa kendala mengapa PAD Bontang masih sangat kecil. Hal tersebut karena memang Bontang bukanlah kota besar seperti kota-kota lain di Indonesia.

“Contohnya seperti pendapatan dari hotel-hotel di Bontang itu masih sangat kecil,” ujarnya.

Perlahan namun pasti kita harus mencapai itu kata Sigit. Caranya dengan melihat segala potensi yang ada, salah satunya pariwisata dan juga bisa dari UMKM.

“Kedepan kita terus mendorong bagaimana bidang pariwisata maupun UMKM,” ucapnya.

Selain itu, Bapenda juga terus meningkatkan pelayanan dengan mempermudah masyarakat dalam membayarkan kewajiban pajaknya.

“Harapanya dengan mempermudah membayar pajak, dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dalam membayar pajak,” tutupnya. (ADV)

 

 

Reporter : Tomy
Editor : Siti Nurkhasanah

Print Friendly, PDF & Email

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
21,600PelangganBerlangganan