29.8 C
Bontang
Rabu, Januari 26, 2022
spot_img

WBB Gelar Aksi Sambut Kedatangan Gubernur ke Indominco

KAREBAKALTIM.com – Warga Bontang Bergerak (WBB) melakukan aksi unjuk rasa di Jembatan Hauling Indominco, Jalan Poros Bontang – Samarinda, Desa Suka Rahmat, Kutai Timur, Jumat (17/12/2021) sore.

Hal tersebut dilakukan sebagai reaksi dari kedatangan Gubernur Kaltim Isran Noor saat mengunjungi void tambang yang rencana digunakan sebagai sumber bahan baku PDAM.

“Secara tegas kami menolak rencana tersebut. Didalam lubang tambang itu ada kandungan logam berat, yang akan naik kepermukaan, jika terjadi reaksi. Kalau air seperti itu dikonsumsi masyarakat, jelas akan sangat berbahaya,” ujar Koordinator aksi, Fajri Sunaryo saat melakukan orasinya.

Dia juga menjelaskan, kadar asam yang ada pada air di lubang tambang ini juga sangat tinggi. Rata-rata mencapai pH 2,76. Normalnya, kadar asam dalam air yang layak dikonsumsi itu pH nya 7. Dengan demikian, jika konsentrasinya air sangat asam. Jelas itu tidak layak konsumsi.

“Ini suatu tindakan yang terlalu berani. Dalam hal ini, pemerintah secara sadar melegitimasi kejahatan yang dilakukan oleh pihak perusahaan,” tegasnya.

Permasalahan krisis air bersih di Bontang cukup mengkhawatirkan. Namun, pemerintah belum banyak melakukan langkah-langkah cukup lugas.

Menurutnya, hal itu dikarenakan ekosistem di bagian hulu sudah rusak akibat aktivitas tambang. Dan akhirnya mengurangi debit dan juga volume air yang ada di dalam tanah.

“Kalau kita menilik data yang ada, sudah lebih dari 3/4 kawasan hutan lindung kita ditambang oleh pihak Indominco,” tukasnya.

 

Penulis : Mirah Hayati

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

22,846FansSuka
3,139PengikutMengikuti
19,100PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles