25.4 C
Bontang
Minggu, November 28, 2021
spot_img

Tomy Gutama, Ingin Buktikan Profesi Jurnalis itu Mulia

KAREBAKALTIM.com – Tomy Gutama Alamsyah merupakan anak ke-4 dari empat bersaudara. Ia adalah anak pasangan suami istri (pasutri) Wardiman dan Sulistiawati.

Pria kelahiran Samarinda, 3 Januari 1997 ini, tengah berjuang menyelesaikan jenjang pendidikan S1-nya di salah satu sekolah tinggi di Kota Bontang.

Setahun terakhir, ia menekuni profesi sebagai Jurnalis. Setiap harinya Tomy, begitu ia akrab disapa mulai berkeliling Kota Bontang dari pagi hingga petang untuk mencari berita-berita menarik.

Dirinya mulai tertarik dengan dunia jurnalistik sejak kecil. Ayahnya, Wardiman sering menonton berbagai berita. Baik melalui televisi (Tv) maupun radio.

Hal tersebut membuat ia turut menyenangi hal-hal yang berhubungan dengan pemberitaan.

“Ayah saya suka dengar berita, jadi saya pun jadi suka dan ingin menjadi wartawan,” tuturnya saat ditemui di gedung Knowledge House Badak LNG, Sabtu (27/2/2021).

Sebelum menjadi wartawan, ia bekerja sebagai tenaga Turn Around (TA) di salah satu perusahaan di Kota Bontang. Awalnya Tomy merasa bingung akan melakukan apa.

Ia hanya mengendarai motornya berkeliling Bontang, hingga akhirnya dia memutuskan berhenti di Pasar Rawa Indah.

“Saya lihat ada yang ramai, jadi saya singgah. Ternyata ada kunjungan lapangan oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bontang,” ucapnya.

Pria yang memiliki tinggi 173cm tersebut pun mengatakan, saat ini ia bangga menjadi kuli tinta. Sebab dengan menjadi jurnalis, wawasannya menjadi lebih luas, dapat berkomunikasi dengan banyak pejabat, tokoh masyarakat, dan berbagai organisasi menjadi lebih mudah.

Selama menjadi wartawan, terkadang ia mendapatkan omongan-omongan dari orang-orang yang menyebutkan ‘Kenapa wartawan kerjaannya hanya mencari kesalahan’.

“Saya jawab, karena kebenaran harus diungkapkan. Saya akan membuktikan bahwa wartawan adalah profesi yang mulia,” pungkasnya.

Ia berpesan kepada seluruh insan pers, tetaplah jadi penulis yang merdeka, bekerja sesuai fakta di lapangan.

“Menulis berita bukan hanya sekedar menulis, tapi harus ada hal positif yang harus dicapai dari tulisan kita,” pesan Tomy yang berdomisili di Jalan Mataram, Nomor 21, Kelurahan Gunung Elai, Kecamatan Bontang Utara tersebut. (*)



Reporter : Mirah Hayati
Editor : Siti Nurkhasanah

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

22,044FansSuka
3,032PengikutMengikuti
18,800PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles