29.1 C
Bontang
Minggu, Februari 5, 2023
spot_img

Sepekan Pacsa HET Dicabut, Minyak Goreng di Bontang Mudah Ditemui

KAREBAKALTIM.com – Stok minyak goreng di sejumlah toko di Kota Bontang mulai tampak normal. Setelah sempat langka, minyak olahan kelapa sawit itu kini mudah dijumpai di setiap toko ritel modern di Kota Taman.

Kondisi ini terjadi pasca dicabutnya kebijakan satu harga minyak goreng atau Harga Eceran Tertinggi (HET) yang diinstruksikan oleh Kementerian Perdagangan pada Rabu, 16 Maret 2022 lalu.

Kabid Perdagangan Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan (DKUKMP) Kota Bontang Nurhidayah mengatakan, ketersediaan minyak goreng di Kota Bontang saat ini terbilang normal.

“Sudah lumayan lah, stok minyak goreng sudah mulai normal,” ujarnya, Senin, 21 Maret 2022.

Terkait harga minyak goreng yang beredar saat ini, ia menyebutkan telah sesuai dengan surat edaran Kemendag. Yakni harga disesuaikan dengan mekanisme pasar.

Berdasarkan hasil monitoring DKUKMP Bontang, harga minyak goreng menjadi bervariasi. Tergantung dengan jenis dan merk.

“Namun secara umum, harga yang beredar tidak jauh berbeda antar satu toko dengan lainnya,” ungkapnya.

Dijabarkan Nurhidayah, harga minyak goreng merek Sania 2 liter sebesar Rp 47.000, Tropical 2 ltr Rp 47.000 dan Sunco 2 ltr Rp 47.000.

Kemudian merek Sovia 2 ltr dipatok Rp 45.000, Camar 2 ltr Rp 40.000, Filma 2 ltr Rp 44.000 dan Fortune 1 ltr Rp 25.000. Harga ini sudah disesuaikan dengan mekanisme pasar, ia menambahkan.

Sementara itu, Kepala Toko Era Mart Bontang Heru mengatakan saat ini pihaknya masih cukup sulit untuk mendapatkan stok minyak goreng.

Kalaupun ada, stok yang datang pun masih sangat terbatas. Terakhir kata dia, pihaknya berhasil mendapatkan hanya 20 karton minyak goreng ukuran 2 liter pada Sabtu, 19 Maret 2022.

“Untuk stok masih hampir sama sih dengan sebelumnya. Kita masih cukup sulit untuk mencari persediaan minyak goreng,” ujarnya.

Adapun terkait harga, ia mengatakan sudah kembali normal. Yakni mengikuti harga yang disesuaikan dengan keekonomian pasar.

“Harga sudah mulai normal, kita jual minyak ukuran 2 liter seharga Rp48.700,” ungkapnya. (*)

Reporter: Tomy Gutama
Editor: Qadlie Fachruddin

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,698PengikutMengikuti
20,500PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles