25.4 C
Bontang
Minggu, November 28, 2021
spot_img

Petakan Daerah Rawan Kebakaran, BPBD : Kita Kerjasama dengan Disdamkartan

KAREBAKALTIM.com – Berkolaborasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkartan) Kota Bontang melakukan langkah siap siaga dengan merancang pemetaan wilayah rawan kebakaran pemukiman.

Pemetaan ini merupakan salah satu upaya penguatan. Meski terbilang baru perancangan namun, BPBD Bontang terus memberi dukungan.

Dalam kolaborasi tersebut Kepala BPBD Bontang, Ahmad Yani menjelaskan bahwa pemetaan adalah kunci dalam sebuah pencegahan bencana di masa mendatang.

Penting adanya untuk mengidentifikasi sebuah wilayah seperti kebakaran pemukiman sehingga dapat meminimalisir dampak bencana tersebut.

Dalam sebuah pemetaan wilayah, Yani menyarankan kepada DPK agar data yang digunakan haruslah rinci dan ter update. Tak hanya sekedar memetakan, namun tiap anggota DPK  haruslah menguasai kondisi wilayah terkait potensi-potensi fisik maupun nonfisik yang dapat menyebabkan kebakaran pada suatu wilayah. Seperti mengetahui detil lebar jalan, ketinggian gapura, jarak antar rumah dan penghambat lainnya.

“Itu pentingnya sebuah pemetaan,” ucapnya saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (24/8/2021).

Tak hanya itu, pentingnya respone time bukan hanya membicarakan tentang menejemen waktu namun pentingnya memperhitungkan penurunan jumlah armada kendaraan dalam sebuah bencana haruslah disesuaikan dengan kondisi pemukiman warga. Tentu disertai dengan membaca situasi kejadian sesuai dengan karakteristik sebuah wilayah.

“Disdamkartan ini baru mau merancang pemetaan kebakaran pemukiman. Jadi, kita dukung dan bantu sesuai pengalaman,” ujar Yani.

Kata dia, keberhasilan menangani sebuah bencana tak hanya mengandalkan kecekatan tim saja. Namun memanfaatkan partisipasi masyarakt sebagai komunikator itu juga utama agar mempermudah penanganan serta menghemat pengeluaran.

“Efektifitas waktunya terjaga. Jadi lebih mudah menanganinya,” tutupnya. (*)



Reporter : Tomy Gutama

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

22,044FansSuka
3,032PengikutMengikuti
18,800PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles