23.6 C
Bontang
Sabtu, Januari 22, 2022
spot_img

Peringatan Hari AIDS Sedunia, Laphan Borneo Serukan Kesehatan Bagi ODHA

KAREBAKALTIM.com – Dalam momentum hari AIDS Sedunia 2021, Ketua Lembaga Advokasi Peduli HIV/AIDS & Narkoba (Laphan) Borneo, Nobon menyerukan pemenuhan akses kesehatan yang merata untuk orang dengan HIV/AIDS (ODHA).

Ia menegaskan hari AIDS Sedunia yang diperingati tiap 1 Desember, bertujuan agar Dunia bersatu melawan HIV dan AIDS, memberi dukungan semangat penderita, serta untuk menghormati mereka yang telah meninggal akibat AIDS.

Hari AIDS bukanlah sebuah perayaan. Terlebih ia menilai, saat ini Negara sedang menghadapi krisis kesehatan.

“Krisis atas sebuah sistem kesehatan negara yang telah terbukti gagal melindungi hak-hak warganya, hak yang paling mendasar, hak atas kesehatan,” ujarnya, Rabu (1/12/2021).

Terangnya, kampanye untuk mengajak masyarakat memutus mata rantai penyebaran HIV/AIDS menjadi sangat penting. Sehingga target Kota Bontang dan Indonesia bebas HIV/AIDS 2030 dapat tercapai.

Laphan Borneo kini berkomitmen untuk ikut mengakhiri penyebaran HIV/AIDS, dengan terus mengkampanyekan pemenuhan akses kesehatan yang merata untuk ODHA.

Serta ketidaksetaraan sosial masyarakat, dan bahaya pandemi Covid-19 yang tak kunjung usai. Membuat kesehatan manusia terancam.

“Mari atasi HIV dan Covid-19 bersama-sama,” ajaknya.

Lebih jauh, Nobon meminta pemerintah untuk merevisi sejumlah regulasi baik di daerah maupun nasional yang dinilai dapat menjadi alat untuk mengkriminalisasi dan menghambat program penanggulangan HIV/AIDS.

Baginya pemenuhan akses kesehatan ODHA juga harus dilihat sebagai wujud pemenuhan hak asasi manusia.

“Lindungi ODHA dari stigma dan diskriminasi dengan membentuk mekanisme perlindungan yang dijamin oleh negara,” pungkasnya.

Sekedar diketahui, sejak 1988 hari AIDS Sedunia atau World AIDS Day diperingati pada 1 Desember setiap tahunnya. Peringatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran pada masyarakat terkait bahaya penyakit AIDS yang disebabkan oleh virus HIV.

Setiap tahunnya Hari AIDS Sedunia mengangkat tema yang berbeda. Pada tahun ini, tema yang diangkat adalah mengakhiri ketimpangan, mengakhiri AIDS.

Sejumlah organisasi dan pemerhati kesehatan gencar menyoroti ketidaksetaraan yang berkembang soal akses kesehatan yang harusnya bisa didapat ODHA. (*)

Penulis : Mirah Hayati

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

22,846FansSuka
3,129PengikutMengikuti
19,100PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles