25.5 C
Bontang
Minggu, November 28, 2021
spot_img

Pengerjaan Jembatan Kayu Selambai Baru 30 Persen, Pemkot Bontang Ambil Langkah Tegas

KAREBAKALTIM.com – Pengerjaan jembatan kayu program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) di Kampung Selambai, Kelurahan Lok Tuan kembali menjadi sorotan. Pasalnya, progres pekerjaan tersebut dinilai sangat lamban.

Plt Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperkimtan) Bontang Zulkifli mengatakan progres pekerjaan saat ini baru mencapai 31 persen. Atau baru dikerjakan sekira 800 meter dari total pengerjaan sepanjang 1,8 kilometer.

Alhasil, Pemkot Bontang pun mengambil langkah tegas dengan tidak melakukan perpanjangan kontrak terhadap PT Muriefic Gemilang selaku kontraktor pelaksana. Sebab, pemkot menilai pihak perusahaan sudah menciderai komitmen kerjasama yang telah disepakati bersama.

Menurutnya, proyek itu sudah dipastikan tidak dapat selesai tepat waktu. Sebab, dalam perjanjian, pekerjaan jalan atau jembatan kayu tersebut semestinya harus selesai pada 30 November 2021 mendatang. Atau hanya tersisa 7 hari lagi dari waktu pengerjaan.

“Akan kita lakukan pemutusan kontrak dan akan kita blacklist,” ujarnya, Selasa (23/11/2021).

Kendati demikian, pihaknya masih berharap pihak perusahaan dapat memaksimalkan pekerjaan dengan sisa waktu yang ada. Paling tidak kata dia, kontraktor dapat menyelesaikan setidaknya 40 persen dari pengerjaan yang sudah dilaksanakan.

“Akan kita kawal terus disisa waktu yang ada ini, termasuk gaji karyawan yang tertunggak senilai Rp120 juta,” ungkapnya.

Pun jika sampai batas waktu pekerjaan masih tak terselesaikan, maka Pemkot Bontang siap untuk mengambil alih dan melanjutkan pekerjaan yang ada.

“Kita sudah berkoordinasi dengan Tim Penyusunan Anggaran Daerah (TAPD) untuk menganggarkan senilai 1,3 miliar dari APBD tahun 2022 untuk menyelesaikannya,” tukasnya. (*)

Reporter : Tomy Gutama

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

22,044FansSuka
3,032PengikutMengikuti
18,800PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles