24.5 C
Bontang
Rabu, Desember 8, 2021
spot_img

Pelaksanaan Salat Tarawih Diprediksi Malam Ini

KAREBAKALTIM.com – Bulan Ramadhan merupakan salah satu bulan paling istimewa di antara bulan lainnya. Selain menjalankan ibadah puasa wajib, sholat tarawih juga menjadi salah satu ibadah yang spesial pada bulan Ramadhan.

Pasalnya, apabila seorang Muslim menjalankan shalat tarawih maka akan mendapat pahala yang besar dan semua dosa-dosanya akan diampuni oleh Allah SWT.

Kendati pelaksanaanya, seluruh umat muslim di Indonesia termasuk Kota Bontang masih menunggu sidang Isbat (penetapan) awal Ramadhan 1442 H yang akan digelar di Gedung Kemenag Thamrin, Jakarta pada tanggal 12 April 2021.

“Di prediksi nanti malam akan tarawih, namun pengumuman resminya masih menunggu hasil sidang isbat di Jakarta,” ungkap Penyelenggara Zakat dan Wakaf Kementrian Agama (Kemenag) Bontang, Arkani, Senin (12/04/2021).

Dikatakannya, penentuan Ruhiyat dilakukan di 34 titik seluruh Indonesia, untuk di Kalimantan Timur (Kaltim) sendiri hanya bisa dilakukan di Kota Balikpapan. Pasalnya di daerah lain tidak ada tempat yang memungkinkan dan tidak mempunyai sarana untuk melakukan penentuan tersebut.

“Tim di Balikpapan bisa melakukan penentuan ruhiyat sedangkan ditempat lain tidak bisa, kalaupun di Bontang alatnya ada. Akan tetapi terkendala tempatnya tidak ada, sehingga tidak bisa digelar,” jelasnya.

Arkani menuturkan, nantinya masjid atau musola yang menggelar salat tarawih harus memperketat Protokol Kesehatan (Prokes), guna mengantisipasi penyebaran COVID-19.

“Seperti pembatasan kapasitas hanya 50 persen saja, jaga jarak, membawa perlengkapan ibadah dari rumah dab menggunakan masker,” ucapnya.

Terkait pengawasan pelaksanaan salat tarawih, pihaknya telah melakukan penyampaian kepada pihak Badan Kesejahteraan Masjid (BKM) melalui group WhatsApp.

“Apabila di masing-masing ketua takmir ada temuan maka akan memberikan laporan dan akan ditindak lanjut oleh Kemenag dan tim Covid-19,” pungkasnya. (*)



Reporter : Mirah Hayati
Editor : Siti Nurkhasanah

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

22,846FansSuka
3,051PengikutMengikuti
18,900PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles