25.3 C
Bontang
Senin, November 29, 2021
spot_img

Pastikan Higienis, DKP3 Akan Postmortem Daging Kurban

KAREBAKALTIM.COM – Bukan hanya pengecekan sebelum disembelih (Antemortem), akan tetapi pemeriksaan setelah pemotongan pun wajib dilakukan pada hewan kurban, atau biasa disebut Postmortem.

Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang (Kabid) Peternakan, Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKP3) Bontang, Eddy Forestwanto, saat disambangi di gedung Gabungan Dinas, Bontang Lestari, Rabu (2/6/2021).

Ia menuturkan, pemeriksaan postmortem bertujuan memeriksa secara teliti bagian-bagian Karkas. Karkas sehat tampak sama dengan warna merah merata dan lembab, selain itu bentuk-bentuk kelainan yang sering dijumpai seperti bercak-bercak pendarahan, lebam-lebam dan berair.

“Kalau ada yang aneh atau mencurigakan seperti ada benjolan atau kurang terlihat segar, hal ini patut diwaspadai,” terangnya.

Eddy menambahkan, kelainan-kelainan kerap ditemui adalah adanya cacing hati. Hal ini dianggap sangat berbahaya untuk dikonsumsi karena akan berakibat fatal.

“Ada beberapa yang memang bisa menular dari hewan ke manusia, sehingga tidak layak untuk dimakan,” ungkapnya.

Pihaknya tidak hanya melakukan pengecekan karkas, beberapa bagian pencernaan lainpun diperiksa sebab ditakutkan terdapat benda-benda asing hasil komsumsi hewan tersebut yang menempel pada bagian dalam perut.

“Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, kami tidak akan melewatkan satu kesalahan untuk menjamin kesehatan hewan kurban dan keselamatan masyarakat yang mengkonsumsi,” pungkasnya. (*)

Reporter : Mirah Hayati

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

22,044FansSuka
3,036PengikutMengikuti
18,800PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles