Optimalkan Retribusi Parkir di Pasar Tamrin, Bapenda Wacanakan Pasang Palang Pintu Otomatis

KAREBAKALTIM.com – Inovasi demi inovasi terus digalakkan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Bontang guna memaksimalkan Pendaptan Asli Daerah (PAD). Salah satunya dari sektor retribusi parkir, yakni dengan memasangan palang pintu otomatis di Pasar Taman Rawa Indah (Tamrin).

Kepala Bapenda Kota Bontang Sigit Alfian mengatakan pihaknya berencana memasang palang pintu otomatis tersebut untuk mencegah kebocoran retribusi karena banyak pengendara yang masuk tanpa membayar parkir.

“Tidak lagi mengandalkan petugas parkir, sehingga pendapatan yang masuk juga dapat lebih maksimal,” ujarnya.

Sementara untuk pedagang pasar, Sigit mengatakan nantinya akan menggunakan kartu khusus agar tidak memberatkan. Dalam merealisasikan hal tersebut pihaknya juga telah berkoordinasi dengan pihak UPT Pasar dan Dinas Perhubungan (Dishub).

“Untuk pedagang pasar nanti kita buatkan kartu khusus, semacam kartu E-Toll. Namun untuk merealisasikan itu kan harus membeli alat kan butuh anggaran, sementara anggarannya terbatas,” ungkap Sigit.

Adapun untuk retribusi parkir tersebut Bapenda menargetkan sebesar Rp650 juta di tahun 2020, yang masuk dalam Retribusi Tempat Khusus Parkir di 3 pasar yang ada di Kota Bontang. Yakni, Pasar Taman Rawa Indah, Pasar Telihan, dan Pasar Citra Mas Loktuan.

Sementara untuk realisasi, sampai dengan bulan November baru sekitar 70 persen atau senilai Rp416 juta. (ADV)

 

 

Reporter : Tomy
Editor : Siti Nurkhasanah

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini