27.1 C
Bontang
Rabu, Desember 1, 2021
spot_img

Mulai Berjalan Tahun 2022, Wali Kota Basri Harap Bantuan Stimulan RT Dorong Peningkatan UMKM Lokal

KAREBAKALTIM.com – Realisasikan janji politik, program dana stimulan besutan Wali Kota Bontang Basri Rase dan Wakil Wali Kota Najirah rencananya akan dimulai tahun 2022 mendatang.

Hal itu dikatakan Basri Rase saat melakukan peresmian kapal pengangkut sampah laut kawasan Bontang Kuala beberapa waktu lalu.

“Insya Allah akan mulai berjalan tahun depan nanti,” ujarnya dalam sambutannya.

Kata dia, program bantuan stimulan RT itu ditujukan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Nantinya, setiap RT akan mendapatkan bantuan mulai Rp50-250 juta.

“Besarannya tergantung kebutuhan masing-masing RT,” ungkapnya.

Ia berharap bantuan tersebut nantinya dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Bukan hanya untuk pembangunan yang tidak perlu. Seperti pembangunan gapura ataupun pengadaan barang yang tidak bermanfaat untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia.

Lebih baik kata dia, dana stimulan tersebut digunakan untuk meningkatkan UMKM di tiap RT. Serta dapat dipakai untuk pelatihan-pelatihan kerja atau peningkatan skill.

“Kita dorong untuk meningkatkan UMKM nanti, jadi anggarannya tidak dipakai untuk pembangunan yang tidak berguna,” ungkapnya.

Bahkan Basri mendorong RT untuk membuat  usaha dari bantuan tersebut, seperti memproduksi sepatu misalnya. Kata dia, setiap tahun Pemkot Bontang membutuhkan setidaknya ribuan sepatu anak sekolah. Nantinya, pengadaan tersebut ia ingin  penjahit lokal dapat diberdayakan.

Dengan demikian, masyarakat sekitar juga bisa diberdayakan sehingga dapat mengurai tingkat pengangguran di Kota Taman.

“Ini yang terus kita dorong supaya RT-RT ini dapat lebih kreatif. Supaya multiplayer effect nya dapat dirasakan langsung untuk kesejahteraan masyarakat,” tukasnya.

Di lain kesempatan Najirah menambahkan, ia juga mendorong program stimulan RT dapat digunakan untuk peningkatan kemampuan masyarakat. Guna meningkatkan serta mempersiapkan ekonomi kreatif.

Pemkot Bontang melalui organisasi perangkat daerah (OPD) juga akan terus memfasilitasi pelatihan peningkatan skill masyarakat. Seperti pelatihan menjahit, membuat kue, membatik, packing kemasan, pembuatan aneka makanan khas dan kerajinan tangan Kota Bontang.

“Tujuan bantuan stimulan setiap RT tersebut intinya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujar Najirah (*)


Reporter : Tomy Gutama

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

22,044FansSuka
3,038PengikutMengikuti
18,800PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles