25.4 C
Bontang
Minggu, November 28, 2021
spot_img

Masih Banyak Data Hasil Tangkap Nelayan Loss, DKP3 Bontang Harap Bisa Lakukan Pendataan Terpusat


KAREBAKALTIM.com – Hingga bulan April tahun 2021, produksi ikan di Kota Bontang cenderung meningkat ketimbang tahun lalu. Berdasarkan data yang dikumpulkan Unit Pelayanan Teknis Daerah (UPTD) Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Tanjung Limau, Kota Bontang.

Pada April 2020 produksi ikan sebanyak 720.270 kilo. Sementara pada tahun 2021 meningkat hingga 799.482 kilo.

Kepala Bidang (Kabid) Perikanan Tangkap dan Budi Daya Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3) Bontang Syamsu Wahdi menjelaskan untuk tahun 2021 pihaknya baru menghitung jumlah produksi sampai dengan bulan Apri saja. Namun ditilik dari situ, jumlah produksi cenderung meningkat.

“Data produksi ini berasal dari data jumlah ikan yang di daratkan di Bontang, baik melalui darat maupun laut,” ujarnya belum lama ini.

Lanjutnya, ia menjelaskan informasi produksi hasil tangkapan nelayan di Kota Bontang diambil dari 2 sumber. Yakni data dari pelabuhan dan kelompok nelayan.

“Karena sampai saat ini kami belum bisa melakukan pendataan hasil tangkap secara terpusat. Masih banyak nelayan yang mendaratkan ikannya di samping rumahnya,” ujarnya.

Lebih jauh ia berharap, kedepan hasil tangkap di Kota Bontang dapat dilakukan secara terpusat. Untuk memudahkan dinas terkait dalam melakukaan pendataan.

“Kita harapnya bisa terpusat supaya memudahkan pendataan dan data yang diambil sesuai,” pungkasnya. (*)



Reporter : Tomy Gutama

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

22,044FansSuka
3,032PengikutMengikuti
18,800PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles