27.1 C
Bontang
Rabu, Desember 1, 2021
spot_img

Mahasiswa Tak Bisa Akses Registrasi E-Beasiswa Bontang

KAREBAKALTIM.com – Empat hari dibuka, Selasa (12/10/2021) laman registrasi pendaftaran e-beasiswa Bontang tak bisa diakses.

Hal itu dirasakan oleh salah satu mahasiswa STIT Syamsul Ma’arif Bontang, Sri Hartina menyampaikan sejak dibuka e-beasiswa, hingga kini ia tak bisa melakukan registrasi pendaftaran.

“Saya coba terus tidak bisa-bisa, malah muncul tulisan kesalahan,” ungkapnya, Jumat (15/10/2021).

Padahal kata dia, username dan password yang dimasukkan tak ada perubahan dari sejak dua tahun terakhir mendaftar di e-beasiswa Bontang.

“Mungkin yang pendaftar banyak yang pakau makanya error begini,” ujarnya.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Bontang, Dasuki melalui Kabid Penyelenggara E-Government, Taufiqurrahman mengakui bahwa aplikasi beasiswa memang terjadi trouble atau masalah. Sehingga web pendaftaran tak bisa diakses.

“Masalah teknis sih, server trouble dan akses ke aplikasi e-beasiswa jadi tidak bisa,” ucapnya.

Pun kata dia, ketika aplikasi tak bermasalah namun ditempatkan server yang usianya tua. Maka jalannya aplikasi secara otomatis ikut bermasalah. Sehingga perlu dilakukan upgrade atau peningkatan spesifikasi.

“Aplikasi sendiri awalnya lancar, tapi bisa jadi terpengaruh juga karena server,” ungkapnya.

Namun, ia menyampaikan bahwa didunia informatika sangat lumrah ketika terjadi kendala atau trouble pada aplikasi website.

Saat ini tim Kominfo berusaha melakukan pemulihan pada aplikasi e-beasiswa Bontang untuk bisa diakses kembali dan bekerja dengan normal.

Serta terus mencoba melakukan penelusuran satu persatu ke aplikasi maupun ke perangkat server penyebab errornya web e-beasiswa Bontang.

“Apalagi memang lagi diperlukan saat ini,” terangnya.

Ditanya mengenai estimasi waktu penulusuran penyebab trouble, dirinya tak bisa memastikan. Terlebih ini mengenai perangkat lunak. Namun ia berharap trouble segera diatasi.

“Boleh dikatakan 24 jam tim programmer dan persandian bekerja untuk memulihkan, kami memahami kepentingan aplikasi ini untuk masyarakat Bontang,” tutupnya. (*)

Penulis : Mirah Hayati

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

22,044FansSuka
3,038PengikutMengikuti
18,800PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles