29.1 C
Bontang
Minggu, Februari 5, 2023
spot_img

Lewat P2L, DKP3 Bontang Gencarkan Pertanian Bermodal Pekarangan Rumah

KAREBAKALTIM.com – Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan dan Pertanian (DKP3) Kota Bontang  mendorong ketahanan pangan melalui Program Pekarangan Lestari (P2L).

Kepala DKP3 Bontang Edy Foreswanto melalui Kepala Bidang Ketahanan Pangan Idhamsyah mengatakan, program P2L ini mendorong ketahanan pangan dengan berbasiskan pekarangan rumah warga.

Program yang dijalankan sejak tahun 2013 silam, DKP3 telah berhasil membina sebanyak 35 kelompok dasawisma melalui program P2L dengan melibatkan ibu rumah tangga.

“Yang telah kita bina 35 kelompok, dan akan terus bertambah,” katanya.

Idhamsyah menyatakan, dengan program ketahanan pangan ini mengantisipasi kerawanan pangan dan keamanan pangan. Apalagi kata dia, FAO sebagai organisasi pangan dunia mewarning akan adanya krisis pangan sehingga harus mewaspadai ketahanan pangan.

Bontang dengan lahan pertanian yang minim tidak mampu memenuhi kebutuhan pangan warga. Sehingga dengan program P2L ini mampu memenuhi  kebutuhan pangan warga. Khusus sayuran produksi.

“Karena kan lahan kita terbatas, paling gak sayur kita tidak bergantung dengan daerah lain,” ungkapnya.

Selain menjaga ketahanan pangan, program pekarangan pangan lestari ini juga merupakan bagian dari peningkatan ekonomi masyarakat. Memanfaatkan pekarangan rumah (P2L), dari program ini mampu menghasilkan ketahanan pangan yang sehat bagi warga.

“Dengan pekarangan rumah yang produktif, menambah penghasilan ekonomi, juga mengasikkan pangan sehat,” imbuhnya. (*/Adv)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,698PengikutMengikuti
20,500PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles