25.5 C
Bontang
Minggu, November 28, 2021
spot_img

Lalai Awasi Warga Binaannya, KPLP Kelas IIA Dimutasi

KAREBAKALTIM.com – Kasus warga binaan yang menjadi salah satu tersangka penangkapan penyalahgunaan narkotika jenis sabu 126 kilogram, berbuntut mutasi Kepala Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP) Kelas IIA Bontang Saiful Buchori.

Kepala Lapas Kelas IIA Bontang Ronny Widiyatmoko mengatakan, alasan pencopotan jabatannya itu, karena ia diduga lalai dan lemah dalam pengawasan.

Kelalaiannya itu ia sebut membuat seorang narapidana bisa dengan bebas mengendalikan peredaran sabu hingga 126 kilogram dari dalam lapas.

“Dicopot per 16 Agustus, (pindah) ke Kanwil Kementrian Hukum dan HAM Kaltim,” ungkap Ronny usai menghadiri upacara HUT ke-76 RI di Lapangan Bessai Berinta..

Meskipun begitu, ia mengaku tak ada unsur kesengajaan dalam membiarkan warga binaan bebas menggunakan Handphone dalam lapas.

“Sekali lagi ya kalau keterlibatan itu kan disengaja, ini murni karena lalai dalam pengawasan,” katanya.

Lebih lanjut, ia menyerahkan proses penanganan kasus tersebut ke Kanwil Kementrian Hukum dan HAM Kaltim. Untuk sementara ini Kepala Kesatuan Pengamanan Lapas dijabat oleh Riza Mardani sebagai Plh.

“Dia juga merupakan Kepala Seksi Bimbingan Narapidana dan Anak Didik (Kasi Binadik) Lapas Kelas IIA Bontang,” tutup Ronny. (*)



Reporter : Tomy Gutama

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

22,044FansSuka
3,032PengikutMengikuti
18,800PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles