25.4 C
Bontang
Minggu, November 28, 2021
spot_img

Kurangi Penggunaan Pestisida Kimia, DKP3 Bontang Dorong Petani Gunakan Pestisida Alami

KAREBAKALTIM.com – Penggunaan pestisida kimia pada tanaman kini sudah tidak lagi dianjurkan, khususnya pada tanaman pangan. Selain berbahaya ketika di konsumsi, penggunaan bahan kimia secara berlebih juga dapat membuat berbagai jenis hama dan penyakit menjadi kebal.

Guna mengurangi penggunaan pestisida kimia, Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3) Bontang pun gencar memberikan penyuluhan kepada petani.

Diantaranya dengan memberikan penyuluhan bagaimana cara mengendalikan hama dan penyakit pada tanaman pangan, hortikuktura, dan perkebunan.

“Kita selalu rutin berikan penyuluhan kepada kelompok-kelompok tani yang ada di Kota Bontang,” ungkap Syawal Kasi Perlindungan Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan DKP3 Bontang disela kegiatan penyuluhan di kampung Masdarling, Kelurahan Gunung Telihan, Rabu (9/6/2021).

Syawal menjelaskan banyak pilihan yang bisa digunakan untuk membuat pestisida dari bahan alami dan aman dari produk kimia. Salah satunya yakni dengan membuat pestisida nabati.

“Saat ini sudah banyak pilihan yang bisa dipakai, tinggal kesadaran dari petani nya lagi yang harus kita tingkatkan untuk mengurangi penggunaan pestisida kimia,” ujarnya.

Lebih jauh ia berharap kedepan lebih banyak lagi kegiatan penyuluhan pengendalian hama secara alami.

“Semoga dengan penyuluhan yang kita berikan para petani dapat beralih menggunakan pestisida yang aman dan bebas dari bahan kimia,” pungkasnya. (*)



Reporter : Tomy Gutama
Editor : Redaksi

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

22,044FansSuka
3,032PengikutMengikuti
18,800PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles