25.5 C
Bontang
Minggu, November 28, 2021
spot_img

Kasus Bunuh Diri Marak Terjadi, Ketua DPRD : Perlu Ada Penanganan Khusus

KAREBAKALTIM.com – Kematian akibat bunuh diri di Kota Bontang terus meningkat. Terhitung pada 2020-2021, sebanyak 5 orang memilih mengakhiri hidup dengan gantung diri.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bontang Andi Faizal Sofyan Hasdam mengatakan, pikiran bunuh diri bisa dialami siapa saja.

Terlebih dengan adanya Covid-19, banyak yang mengalami gangguan kesehatan, masalah kejiwaan, dan stres berat atau tekanan batin.

“Selama pandemi covid-19 ini banyak sekali dampak yang terjadi di berbagai hal. Salah satu faktornya yakni stres dan kesulitan ekonomi sehingga memunculkan masalah rumah tangga,”ucapnya saat dihubungi via sambungan telepon, Sabtu (27/03/2021).

Bang Faiz sapaan akrabnya pun menekankan hal itu perlu penanganan khusus. Sehingga kejadian serupa tak terulang lagi. Sebab kata dia, bukan hanya di Bontang, namun di Indonesia kasus bunuh diri marak terjadi.

Dari itu ia meminta agar Pemerintah Kota (Pemkot) Bontang bersama pihak terkait, dapat bekerjasama apabila ada melihat indikasi terkait perilaku yang mencurigakan untuk segera diantisipasi.

“Perlu juga kerjasama dengan para pemuka agama untuk memberikan siraman rohani. Serta keluarga bila melihat ada kerabat yang frustasi bisa didekati dan dinasehati,” jelasnya.

“Termasuk bagi Dinas Sosial (Dinsos) untuk menyediakan tempat bagi orang-orang yang memerlukan bantuan langsung dari pemerintah,” sebutnya.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) II Golongan Karya (Golkar) ini juga menyebutkan, perlu ada keterbukaan terkait permasalahan yang dihadapi.

Menurutnya berbagi cerita akan mengurangi beban tekanan batin. Selain itu, mengeluarkan isi hati juga sangat penting, apalagi disituasi sulit seperti ini.

“Bontang sendiri tidak memiliki Rumah Sakit Jiwa (RSJ), makanya perlu keterbukaan dan coba berbagi permasalahan yang ada ke teman dekat terutama orang tua agar bisa diatasi,” ujarnya. (*)



Reporter : Mirah Hayati
Editor : Siti Nurkhasanah

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

22,044FansSuka
3,032PengikutMengikuti
18,800PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles